Manisan India Jalebi, Makanan Favorit Acara Deepwali

India biasanya terkenal dengan -filmnya yang selalu dipenuhi dengan musik dan tarian. Selain itu, India juga dikenal karena kulinernya. Makanan India mempunyai ciri menggunakan bahan seperti sayuran dan rempah-rempah. Makanan pokok di sana adalah beras, kacang hijau, kacang hitam, kacang gude, kacang Arab, dan letil.

Manisan India Jalebi - antare5.blogspot.co.id

Manisan India Jalebi - antare5.blogspot.co.id

Apabila Anda mengenal India, ada tradisi Deepwali atau Diwali yang merupakan perayaan oleh semua penganut agama Hindu dan merupakan hari cuti di India. Deepwali merupakan hari kemenangan sebagai peringatan kepada mereka yang lupa agar berbuat baik dan menjauhi berbuat kejahatan kepada sesama manusia. Selama perayaan tersebut, banyak makanan manis atau manisan yang disediakan. Manisan yang paling terkenal dan disukai salah satunya adalah Jalebi.

Baca juga:  Machu Picchu, ‘Kota Hilang’ Suku Inca yang Tak Pernah Rampung Dibangun

Manisan India Jalebi terkenal akan rasa asam, manis, renyah. Jalebi terbuat dari campuran yoghurt dan ragi, serta sirup sebagai lapisannya. Jalebi umumnya dikonsumsi oleh masyarakat Timur Tengah, Asia Selatan dan India.

Adonan Jalebi merupakan hasil fermentasi. Usai digoreng, biasanya makanan manis tersebut diberi sirup dan disajikan hangat. Saat Ramadan, Jalebi menjadi masyarakat Timur Tengah untuk berbuka.

Di Jakarta, perayaan Deepwali juga digelar. Festival ini identik dengan kemeriahan kembang api, cahaya lampu dan juga dipercaya untuk memperkuat ikatan dan teman.

Selama acara, akan tersedia prasmanan siang dan malam, baik untuk tamu yang melakukan pemesanan individu atau grup, dilengkapi dengan variasi hidangan khas India, terutama hidangan khas Diwali dengan cita rasa asli India.

Baca juga:  Berbeda Dengan Indonesia, Harga Ubi di Jepang Relatif Mahal

Umumnya, masakan di India terbagi menjadi dua, India Utara dan Selatan yang memiliki ciri khas masing-masing. Masakan India Selatan memiliki cita rasa yang lebih pedas dibandingkan India Utara. Masakan India Selatan cenderung lebih kepada vegetarian dibanding masakan India Utara. Hidangan sayuran merupakan hidangan yang umum di Selatan, dan nasi merupakan makanan pokok. Sedangkan di Utara, nasi seringkali diganti oleh roti.

“Tim Chef dari Cafe Gran Via bekerja keras untuk mendapatkan bahan-bahan herbal terbaik, rempah-rempah, sayuran segar dan daging premium untuk mempersiapkan hidangan otentik India,” Director of Marketing & Communications Gran Melia Jakarta, Ratna Sjamsiar Idris.

“Kami selalu menggunakan daging segar, sehingga memberikan rasa yang sangat lezat. Itulah alasan mengapa sajian daging domba dan ayam kami menjadi favorit para tamu, terutama untuk Tandori Lamb Chop dan Chicken Tikka yang tidak boleh dilewatkan,” tambahnya.

Baca juga:  Sejarah Berdirinya Bank Indonesia

Selain hidangan utama tersebut, disajikan pula hidangan penutup terkenal dari India, Jalebi, berbentuk spiral yang digoreng dan dilapisi sirup gula berwarna oranye.

author
No Response

Leave a reply "Manisan India Jalebi, Makanan Favorit Acara Deepwali"