Mengenal Teknologi VTEC Milik Honda

No comment 199 views

Jika kita melihat teknis -mobil produksi Honda, kita tentu sudah tak asing lagi dengan istilah VTEC. Teknologi ini memang sering digunakan untuk membekali mesin keluaran Honda agar performa yang bersangkutan bisa meningkat.

teknologi vtec honda - www.makintau.com

teknologi vtec honda - www.makintau.com

 

Namun, tak cuma mobil saja yang menggunakan teknologi ini. Honda juga menyematkan teknologi VTEC pada beberapa motornya, salah satunya Honda CB400SF. Generasi pertama motor ini yang dirilis pada tahun 1992 memang belum menggunakan teknologi VTEC. Namun, pada model yang dibuat di tahun 1999, insinyur Honda menyematkan teknologi ini pada CB400SF. Hasilnya, motor berkapasitas 400cc itu lebih irit bahan bakar namun memiliki performa yang tetap oke dan handling yang prima.

Lalu, apa sebenarnya teknologi VTEC kepunyaan Honda itu? VTEC atau Variable Valve Timing and Lift Electronic merupakan teknologi yang dikembangkan Honda yang berasal dari REV (Revolution-modulated valve control) yang diperkenalkan pada motor CBR400 pada tahun 1983, yang dikenal sebagai HYPER VTEC. Ini adalah teknologi pengatur katup canggih yang ditemukan Honda dan masih digunakan hingga sekarang.

Salah satu keunggulan teknologi VTEC terletak pada kemampuan mesin bersilinder kecil dalam menghasilkan tenaga yang sebanding dengan mesin yang bersilinder besar. Selain itu, dengan mengusung teknologi ini, mesin kendaraan akan memberikan konsumsi bahan bakar yang baik, serta juga dapat digunakan secara harian.

Keunggulan lain teknologi VTEC adalah menjaga performa mesin agar tetap optimal, baik untuk putaran mesin rendah maupun putaran mesin tinggi. Di samping itu, proses pembuangan tidak memerlukan pembukaan katup variabel, sebab gas buang semakin lancar yang membuat kerja mesin akan semakin enteng.

Mesin yang menggunakan teknologi VTEC mempunyai dua profil cam. Profil pertama didesain untuk beroperasi pada RPM yang rendah dan irit dalam penggunaan bahan bakar, sedangkan profil kedua untuk performa mesin kendaraan.

Secara garis besar, teknologi VTEC terbagi menjadi tiga bagian, yaitu VTEC-E (Economic), VTEC SOHC (Single Over Head Camshaft), dan VTEC DOHC (Double Over Head Camshaft). Masyarakat sendiri mulai mengenal mesin VTEC-E pada mobil Honda Civic Ferio yang dirilis pada tahun 1996 dan Honda Accord Cielo untuk mesin VTEC SOHC.

Di samping itu, beberapa tahun terakhir ini Honda mengembangkan model “pintar” dari teknologi VTEC, atau dikenal dengan nama i-VTEC (Intelligent Variable Valve Timing & Lift Electronic Control). Teknologi dengan komponen pelengkap VTC (Variable Timing Control) ini dikembangkan oleh Honda untuk meningkatkan tenaga ketika rendah, menengah, dan tinggi, serta dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Baca juga:  Bagaimana Sistem Pelacakan (Hacking) Smartphone Berjalan?
author
No Response

Leave a reply "Mengenal Teknologi VTEC Milik Honda"