Mengenal TouchWiz, Launcher Default Samsung

Setiap yang menggunakan operasi Android, biasanya juga memiliki sendiri. Jika LG punya Optimus UI, Asus dengan ZenUI, maka Samsung mengedepankan TouchWiz sebagai dan user interface mereka.touchwiz-samsung

TouchWiz adalah launcher default (bawaan pabrik) yang bisa ditemukan di seri high-end Samsung, mulai Galaxy S (S dan SII) dan Note, hingga smartphone kelas mid-end seperti Galaxy Ace. Selain itu, ini juga bisa ditemukan pada OS original milik Samsung, Bada, Mobile, Symbian, Android, dan beberapa OS khusus milik Samsung.

TouchWiz sangat mengedepankan kesimpelan dan user friendly. Hal ini yang membedakannya dengan default launcher milik pabrikan lain, seperti Sony yang lebih mengutamakan user experience yang cantik, atau HTC yang lebih menonjolkan kompleksitas dan fungsionalitas. Versi terbaru dari Samsung touchscreen ini adalah versi 4.0, dan dirilis pada Galaxy S II.

Baca juga:  Pengertian dan Macam Literatur

Berikut beberapa fitur highlight TouchWiz.

  • Live Panels. Fitur Pertama yang menjadi highlight pada teknologi Samsung touchscreen ini adalah pendekatan terbaru Samsung untuk widget. Apa yang mereka lakukan di sini adalah merapikan sistem grid dengan membuat homescreen menjadi seperti majalah. Pilihan untuk mengubah ukuran dari beberapa widget ini juga tersedia.
  • Quick Panel. Ketika Anda tap bagian kanan bawah dari layar Honeycomb, ada tampilan panel yang menunjukkan waktu, tanggal, level baterai, signal WiFi, screen brightness, link ke settings, dan menunjukkan updates. Tambahan terbaru adalah tap atau swipe untuk mengaktifkan dan menonaktifkan GPS, WiFi, Notifikasi, Airplane Mode, dan beberapa fungsi lain.
  • Mini Apps Tray. Di pusat menu bar, di bagian bawah layar terdapat simbol panah ke atas yang ketika Anda sentuh, berubah menjadi Mini Apps Tray. Pada bagian ini, Anda bisa menemukan shortcut atas 6 ikon. Fitur ini juga barus bisa ditemukan pada Honeycomb yang menggunakan teknologi Samsung touchscreen terbaru.
  • Media Hub. Teknologi Samsung touchscreen selanjutnya adalah fitur ketika Anda membeli dan menyewa . Dengan kontrol slide, Anda bisa mencari -video yang Anda inginkan.
  • Pen Memo. Ini merupakan fitur yang paling fungsional dan banyak digunakan. Dengan aplikasi Pen Memo, Anda bisa menulis menggunakan jari pada tablet PC. Memang, fitur semacam ini sudah lama ada pada smartphone maupun PDA phone model lama. Namun pada TouchWiz, fitur ini disempurnakan oleh Samsung.
  • Photo Editor. Banyak yang menyebut Photo Editor adalah versi Photoshop yang sedikit disederhanakan pada tablet PC. Dengan bantuan teknologi Samsung touchscreen TouchWiz, Anda akan dapat melakukan editing foto dengan mudah, seperti memotong, hack, flip, dan mengubah ukuran foto.
  • Panning and Tilting. Kedua fitur ini sudah hadir sejak TouchWiz versi awal. Hanya, ia terus mengalami perbaikan dan update terbaru, seiring dengan perkembangan teknologi Samsung touchscreen.
  • Samsung Dive. Fitur ini juga hadir berkat adanya update dari teknologi Samsung touchscreen TouchWiz. Aktivasi dan pengaturan fitur ini terdapat pada "Setting -> Location and security -> Remote controls. Fitur ini berguna untuk melacak perangkat apabila hilang atau dicuri.
Baca juga:  Arti Foto Candid dan Teknik Melakukannya
author
No Response

Leave a reply "Mengenal TouchWiz, Launcher Default Samsung"