Model Playboy Dikutuk Suku Maori Saat Telanjang di Pegunungan Taranaki

Jerih payah majalah Playboy, Jaylene Cook, 25 tahun, mendaki gunung Taranaki selama tujuh jam menuai kontroversi. Cook dikutuk oleh warga New Zealand karena pose tersebut dianggap merusak kesucian roh penjaga Taranaki oleh suku pribumi setempat.

Jaylene Cook mendaki gunung Taranaki - dnaberita.com

Jaylene Cook mendaki gunung Taranaki - dnaberita.com

Foto itu diambil oleh kekasihnya, Josh Shaw dan menerima respons hangat sebanyak 300.000 di Instagram, tetapi ditanggapi sebaliknya oleh komunitas Maori.

setempat melaporkan, aksi Cook tersebut dianggap tidak sensitif terhadap etnik pribumi, karena Taranaki merupakan tempat yang suci bagi mereka sejak ribuan tahun silam.

Juru bicara suku Maori. Josh Shaw, mengatakan kepada BBC bahwa tindakan seperti itu layaknya orang asing yang datang ke Basilika Saint Petrus di Vatican City (kota suci umat Kristiani) dan berfoto telanjang di situ.

Baca juga:  Melawan Gerakan Anti Islam, Mahasiswa Muslim di Michigan Gelar Salat Berjamaah

Bagi suku Maori, Taranaki adalah persemedian moyang mereka, dan bekas gunung berapi itu dianggap sebagai nenek moyang mereka. Maka dari itu, mereka menganggap foto Cook tersebut tidak pantas.

Di balik fotonya yang memicu kontroversi, Jaylene, mengatakan bahwa dia sudah melakukan pengamatan sebelum berfoto, dan tidak bermaksud untuk menghina siapapun.

Gunung Tarinaki dianggap sebagai gunung berapi yang terbentuk paling sempurna di Selandia Baru. Usianya sekitar 120.000 tahun dan terakhir meletus pada tahun 1775 dan pakar gunung berapi sepakat gunung berapi ini 'tertidur' bukan mati.

Gunung tersebut digambarkan sebagai gunung yang paling sering didaki di ‘Selandia Baru'. Gunung tersebut memberikan tantangan menuju puncak yang dapat dicapai oleh kalangan bukan pendaki.

Baca juga:  Global Warming, Perubahan Iklim Pembawa Kerugian dan Keuntungan

Taranaki sering dikaitkan dengan legenda pegunungan di North Island tengah. Alkisah, Taranaki dulunya hidup bersama pegunungan berapi lain di tengah dataran tinggi bernama Tongariro, Ruapehu, dan Ngauruhoe.

Saat ia bergerak maju untuk menggoda bukit cantik bernama Pihanga, Tongariro meletus dengan kemarahan karena cemburu. Taranaki melarikan diri ke barat, melintasi Whanganui River dalam perjalanannya. Saat ini Taranaki masih dihormati dan puncaknya dikeramatkan bagi penduduk lokal Maori.

Beberapa kejadian sebelumnya juga pernah menyebabkan komunitas Maori marah, karena sekelompok pendaki gunung membuat pesta barbeque di puncak Gunung Taranaki pada lalu selain isu dilakukannya grafiti.

Pada tahun 2015, sekelompok pendaki dari Barat berada di puncak Gunung Kinibalu di Sabah dan menyebabkan penduduk setempat marah dan secara kebetulan terjadi gempa bumi dan mengakibatkan adanya korban.

Baca juga:  Iklan Minuman Energi Tunjukkan Kebenaran yang Tidak Menyenangkan Dalam Masyarakat Thailand

Gunung tersebut berlokasi di Sabah, Malaysia merupakan salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Puncaknya berada di ketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pengelolaan Gunung Kinabalu berada di bawah manajemen Kinabalu Park. Ini adalah adalah salah satu kawasan konservasi berstatus taman nasional yang dinaungi oleh badan konservasi Sabah Parks.

author
No Response

Leave a reply "Model Playboy Dikutuk Suku Maori Saat Telanjang di Pegunungan Taranaki"