Nokia Moonraker: Smartwatch Keren yang ‘Dibunuh’ Microsoft

Masih ingat dengan ? Mantan raja ponsel yang memiliki jutaan umat. Dulunya merupakan produsen ponsel terbesar dunia, sebelum akhirnya mengalami kebangkrutan. Setelah diakuisisi Microsoft, sesuai perjanjian semua lini ponsel pintar termasuk Lumia menjadi milik Microsoft.

Belakangan ini Nokia hanya menelurkan beberapa feature-phone dan tablet. Nokia juga seharusnya sudah memiliki sendiri yang bisa bersaing dengan buatan Apple, Samsung maupun Sony, andai saja Microsoft tidak mencegah peluncurannya.

Sebuah gambar online mengungkapkan gambar smartwatch besutan nokia. Perangkat itu dijuluki Moonraker, yang diduga hasil kerjasama Nokia dan Microsoft.

(foto:theVerge.com)

(foto:theVerge.com)

Gambar yang diposting di akun Tumblr milik Pei-Chi Hsieh, desainer Nokia yang kemudian bergabung ke Microsoft setelah perusahaan itu diakuisisi. Akun tumblr a.peggy mungkin saat ini telah dihapus, setelah Evan Blass atau yang lebih dikenal dengan pemilik akun twitter @evleaks menemukannya. Eveleaks merupakan akun twitter yang sering mengungkap bocoran-bocoran teknologi yang akan dirilis dan hampir semua terbukti.

Baca juga:  Driver Canon Ip 1880

Pada hari Jumat 12 Juni Blass memposting gambar di twitter yang diduga Moonraker, smartwatch hasil kolaborasi dari Microsoft dan Nokia. Gambar-gambar yang diposting belum mengungkap secara rinci spesifikasi gadget ini. Namun menurut bocoran, smartwatch itu akan dihadirkan dalam beberapa pilihan warna warna. Tampaknya bocoran gambar ini merupakan bagian dari strategi pemasaran, kemungkinan spesifikasinya juga baru akan diumumkan nanti jika Moonraker ini jadi dirilis.

Bocoran gambar juga mengungkapkan bahwa Moonraker memiliki nomor produk LS-50. Dari segi tampilan Nokia menggunakan UI (user Interface) mirip dengan Metro. UI ini biasanya digunakan pada perangkat Phones. Tampilan Moonraker menjadi mirip dengan Microsoft Band gelang kesehatan besutan microsoft.

Baca juga:  Keunggulan iPhone 5 yang Membuatnya Laris di Pasaran

Aplikasi yang digunakan hampir sama, serta cara scroll secara vertikal seperti pada Microsoft Band. Layar depan juga menggunakan tampilan yang mirip Microsoft Band.

Menurut The Verge, sumber yang terpercaya telah mengungkapkan bahwa Moonraker merupakan gagasan dari Nokia yang tadinya direncanakan akan dirilis di MWC 2014. Namun Microsoft menghentikan peluncuran perangkat itu setelah membeli Nokia. Selain itu, Microsoft Band memiliki sensor yang lebih baik daripada Moonraker. Wearable gadget ini juga diduga memiliki kemampuan untuk beralih pada layar ketika pengguna mengangkat lengan mereka dan mematikannya ketika mereka menurunkan lengan. Namun, fitur ini menurut Microsoft masih belum sebanding kemampuan sensor pada Microsoft Band.

Baca juga:  Perbandingan Development Android dengan iOS

Sumber itu juga mengungkapkan bahwa gambar itu bukan hanya konsep dan Nokia berencana akan segera meluncurkan Moonraker bersama dengan Lumia 930. Mungkin Microsoft tidak ingin Microsoft Band menghadapi persaingan dari perusahaan lain dan memilih untuk “membunuh” Moonraker bahkan sebelum perangkat itu dirilis.

author
No Response

Leave a reply "Nokia Moonraker: Smartwatch Keren yang ‘Dibunuh’ Microsoft"