Orang British vs Orang Jepang, Mana yang Lebih Sopan?

dikenal sebagai salah satu di yang memiliki perkembangan pesat dalam bidang dan industri. Banyak perusahaan Jepang yang telah memiliki pamor mendunia, sebut saja Sony, Yamaha, Honda, atau Casio. Bahkan, beberapa tahun belakangan, Negeri Sakura juga sedang giat mengembangkan kecerdasan artifisial yang diwujudkan dalam bentuk robot.

Orang Jepang - sekolahkejepang.com

Orang Jepang - sekolahkejepang.com

 

Meski peradaban di Jepang sudah sangat modern, namun di negara ini tidak lantas melupakan akar budaya mereka. Jepang masih tetap memegang teguh ajaran nenek moyang, termasuk dalam hal kesopanan. Orang-orang Jepang memang dikenal sebagai salah satu dunia yang sangat sopan.

Jika dibandingkan dengan negara-negara Barat, Inggris misalnya, masyarakat Jepang bisa disebut jauh lebih sopan. Kesopanan di Jepang sudah menjadi semacam ritual. Hal tersebut terkait dengan menghormati tradisi, konvensi sosial, dan juga keinginan untuk menghindari konflik. Sejarah Bushido dibangun secara terhormat, dan kegagalan untuk menghormati tradisi ini bisa berakibat fatal.

Ada beberapa alasan mengapa orang-orang Jepang masih tetap menjunjung tinggi norma kesopanan mereka.

  • Nilai-nilai Konfusianisme. Kebaikan dan masyarakat ditempatkan tinggi di atas kepentingan pribadi. Seiring waktu, orang Jepang telah menjadi orang yang agak pasif terkait pentingnya menjaga ketertiban sosial.
  • Populasi padat. Ada banyak orang yang tinggal di Jepang, sekitar 127 juta jiwa atau lebih dari sepertiga jumlah orang Amerika (320 juta jiwa). Kebanyakan dari mereka tinggal di setengah lusin kota-kota besar. Dan, itu sudah terjadi dalam waktu yang sangat lama. Ruang pribadi telah lama menjadi premium, dan sopan santun menjadi pelumas yang membantu semua orang untuk bergaul.
  • Kehomogenan. Jepang adalah salah satu negara paling homogen di dunia. Itulah sebabnya orang asing yang datang ke negara ini sering merasa seperti orang luar.
  • Bahasa. Ada segudang gradasi dari segala sesuatu, dan cara-cara tak terbatas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tanpa mengatakan apa-apa. Ada beberapa tingkat formalitas dalam bahasa Jepang, dengan sapaan paling sopan yang disediakan untuk berkomunikasi dengan atasan dan anggota keluarga lansia. Semakin baik Anda mengenal seseorang, Anda tidak membutuhkan bahasa yang formal. Meskipun begitu, acara tertentu memerlukan pidato yang lebih formal.
  • Pengucilan. Kesopanan adalah bagian dari kontrak sosial, dan mereka yang berperilaku kasar dikucilkan dan kehilangan status sosial. Bukan hanya oleh lingkungan sosial, pengucilan ini juga dilakukan oleh anggota keluarga karena dianggap sebagai kegagalan dalam menjaga kehormatan.
  • Kasta masyarakat. Masyarakat Jepang telah dibagi dalam beberapa kasta hingga Restorasi Meji pada tahun 1867. Dan, bagian dari sistem itu adalah mengetahui kepada siapa Anda harus menjadi sangat sopan.

Jadi, orang Jepang memang merupakan orang yang sangat sopan. Bahkan, ritual sopan santun terkadang mengisolasi mereka dari satu sama lain. Sebagian orang Jepang akan merasa kewajiban mereka untuk membantu seorang turis yang tersesat di kota mereka.

Baca juga:  Aman Mana, Tegangan Listrik 220V atau 110V?
author
No Response

Leave a reply "Orang British vs Orang Jepang, Mana yang Lebih Sopan?"