Pasuruan Gumuyu, Apa Itu?

No comment 661 views

Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-1.085 pada September 2014 lalu, Kabupaten Pasuruan menggelar Kampung Pasuruan Gumuyu. Gelaran Kampung Pasuruan Gumuyu ini dipusatkan di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

pasuruan gumuyu - beritadaerah.co.id

pasuruan gumuyu - beritadaerah.co.id

 

Kampung Pasuruan Gumuyu merupakan ide dan kreativitas Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, yang ingin mengajak seluruh Kabupaten Pasuruan untuk menikmati segala potensi yang ada. Potensi ini mulai dengan potensi alam hingga segala tradisi dan yang mengakar kuat selama bertahun-tahun.

Acara Kampung Pasuruan Gumuyu sendiri berlangsung mulai 12 September 2014 hingga 27 September 2014. Di sini, diselenggarakan beberapa acara menarik, terutama perlombaan dan penampilan kesenian tradisional.

Beberapa perlombaan yang diselenggarakan di Kampung Pasuruan Gumuyu adalah lomba tari, lomba burung perkutut, lomba sikat gigi, lomba mewarnai, lomba memancing, lomba nyunggi tempe, lomba panjat pinang, lomba klompen panjang, hingga lomba egrang. Selain itu, diadakan juga pertunjukan lawak dari Abiyoso dan Sunjoto, musik gambus reggae, jalan santai sadar PBB, serta tak ketinggalan senam aerobik.

Selain di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Kampung Pasuruan Gumuyu juga dilaksanakan di Sentra Bordir dan UKM Pogar Bangil serta Taman Safari Indonesia II, Prigen. Jika di Sentra Bordir dan UKM Pogar Bangil diselenggarakan lomba burung perkutut, maka di Taman Safari Indonesia II, Prigen diselenggarakan lomba foto on the spot dan lomba foto off the spot yang diikuti pelajar, , komunitas fotografi, serta masyarakat umum.

Sementara, penutupan acara Kampung Pasuruan Gumuyu dilakukan dengan kirab prasasti dan pawai budaya yang dilaksanakan mulai dari depan rumah Cianjur, Pandaan hingga finish di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan. Acara ini juga dihibur oleh para seniman, budayawan, dan menampilkan kekayaan bumi Pasuruan, serta hias.

Selain direalisasikan dengan sebuah acara, ide Pasuruan Gumuyu juga diterbitkan dalam bentuk sebuah lagu berjenis dangdut campursari. Bupati Irsyad Yusuf berkolaborasi dengan musisi dangdut, Sodiq, untuk menciptakan lagu berdurasi sekitar lima menit tersebut. Berikut sepenggal lirik lagu Pasuruan Gumuyu ciptaan Irsyad Yusuf.

Pasuruan omboh panggonane

Iku mesti akeh kayane

Lek ditoto mesti hasile

Kanggo kemakmuran rakyate

Baca juga:  Arti, Ciri, dan Jenis Opini
author
No Response

Leave a reply "Pasuruan Gumuyu, Apa Itu?"