Pengertian Appraisal Bank

No comment 540 views

Ketika Anda hendak mengajukan kredit kepada bank dengan jaminan rumah, maka Anda pasti akan bertemu dengan proses appraisal bank. Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui secara detail mengenai ini. Berikut kami sajikan uraian singkat mengenai appraisal bank.

Appraisal Bank - condo.ca

Appraisal Bank - condo.ca

 

Appraisal bank merupakan penilaian yang dilakukan oleh bank untuk mengecek kebenaran data antara dokumen pengajuan kredit dengan kebenaran di lapangan, sekaligus melakukan transaksi untuk menilai harga rumah tersebut. Appraisal bank juga bisa berarti proses penilaian aset rumah oleh bank untuk mengetahui nilai KPR rumah tersebut.

Appraisal properti biasanya terdiri dari penilaian tanah dan bangunan beserta kelengkapannya, serta pengembangan lainnya atas tanah (land development). Untuk mendapatkan hasil appraisal bank dengan nilai yang tinggi, rumah tersebut sebaiknya direnovasi terlebih dulu. Jika umur rumah sudah tua, sebaiknya rumah dilakukan pengecatan agar terlihat baik, bersih, dan rapi.

Secara lebih rinci berikut beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat dilakukan untuk menaikkan nilai appraisal rumah.

  • Melakukan renovasi dengan penambahan luas bangunan, seperti membangun pagar depan rumah, memasang kanopi pada carport atau area jemuran di belakang rumah, serta membangun taman kering di ruang belakang rumah.
  • Setelah penambahan luas bangunan dilakukan, segera daftarkan perubahan IMB ke kantor perizinan di lokasi rumah tersebut berada. Perhitungan luas IMB memasukkan agar keliling dan bangunan pada bagian depan seperti gapura, sebagai kesatuan luas bangunan rumah.
  • Sebenarnya, tidak ada aturan tertulis mengenai fungsi bangunan dengan tingginya nilai appraisal. Namun, perbankan akan lebih menyukai nasabah rumahnya ditujukan untuk kepentingan pembiayaan perbankan ().  Dengan begitu, berarti nasabah memiliki kemampuan bayar yang meyakinkan. Dengan beralihnya fungsi bangunan yang menghasilkan uang tambahan, maka dengan sendirinya nilai appraisal pun akan meningkat.
  • Memberikan data pembanding dari nilai pasar bangunan sekitar sangat efektif menaikkan appraisal bangunan. Pemilik bisa memperlihatkan nilai appraisal bangunan sekitar berdasarkan data terakhir, kemudian tambahkan kenaikan sekitar 25 persen untuk jeda waktu satu tahun setelahnya. Hal ini dikarenakan nilai properti rumah biasanya selalu mengalami kenaikan di atas 25 persen tiap tahunnya. Data ini bisa berdasarkan bukti PPJB ataupun salinan akta jual beli dari notaris.
Baca juga:  Arti Tepo Seliro (Tenggang Rasa) dalam Kehidupan Sehari-hari
author
No Response

Leave a reply "Pengertian Appraisal Bank"