Pengertian dan Contoh Asumsi

No comment 1723 views

Asumsi, ini pasti sudah akrab di telinga, apabila jika Anda gemar membaca atau menyimak berita , politik, atau . Namun tahukah Anda, apa arti sebenarnya dari asumsi?

asumsi - idrommyharper.blogspot.com

asumsi - idrommyharper.blogspot.com

 

Menurut Kamus Besar , asumsi bisa diartikan sebagai dugaan yang diterima sebagai dasar. Asumsi juga bisa dimaknai sebagai landasan berpikir karena dianggap benar. Selain itu, asumsi juga bisa berarti sebagai pra-anggapan atau suatu proposisi bias yang dianggap benar tanpa perlu ada bukti.

Suatu asumsi erat kaitannya dengan masalah fakta, seperti pernyataan bahwa dalam kehidupan politik semua rakyat dituntut oleh kepentingan bersama. Asumsi juga berkaitan erat dengan nilai, misalnya asumsi yang mengatakan bahwa rakyat miskin harus dibantu atau pemerintah.

 

Baca juga:  Koes Bersaudara, Grup Musik Legendaris Cikal Bakal Koes Plus

Beberapa asumsi dapat diungkapkan secara terbuka, sedangkan beberapa lainnya tidak. Meski begitu, secara logika, asumsi tersirat di dalam apa pun yang diucapkannya. Para penganjur perang nuklir terbatas, misalnya, menganggap bahwa boleh saja perang nuklir, tetapi harus terbatas. Sekalipun mereka tidak mengatakan demikian, tetapi asumsi itu tersirat dalam sikapnya.

Contoh lain tentang asumsi bisa diperoleh melalui bidang keilmuan. Dalam keilmuan, dikenal tiga asumsi mengenai objek empiris.

  • Asumsi pertama menganggap objek-objek tertentu mempunyai keserupaan satu sama lain, misalnya dalam hal bentuk, struktur, sifat, dan sebagainya. Berdasarkan ini, maka kita dapat mengelompokkan beberapa objek yang serupa ke dalam satu golongan.
  • Asumsi yang kedua adalah anggapan bahwa suatu benda tidak mengalami perubahan dalam jangka waktu tertentu. Kegiatan keilmuan bertujuan mempelajari tingkah laku suatu objek dalam suatu keadaan tertentu. Kegiatan ini jelas tidak mungkin dilakukan bila objek selalu berubah-ubah tiap waktu. Walaupun begitu tidak mungkin kita menuntut adanya kelestarian yang absolut, sebab alam perjalanan waktu tiap benda akan mengalami perubahan.
  • Determinisme merupakan asumsi ilmu yang ketiga. Kita menganggap tiap gejala bukan merupakan suatu kejadian yang bersifat kebetulan. Tiap gejala mempunyai pola tertentu yang bersifat tetap dengan urut-urutan kejadian yang sama. Namun seperti juga dengan asumsi kelestarian, ilmu tidak menuntut adanya hubungan sebab akibat yang mutlak sehingga suatu kejadian tertentu harus selalu diikuti oleh suatu kejadian yang lain.

Asumsi sering disamakan dengan opini. Padahal, keduanya memiliki perbedaan, di antaranya:

  • Asumsi memiliki data yang mendukung dan bersifat kuantitatif. Sementara, opini lebih condong mengandalkan data kualitatif.
  • Hasil dari asumsi disebut kesimpulan. Sementara, opini adalah kesimpulan itu sendiri.
  • Kesimpulan dari asumsi jarang memarginalkan atau mengangkat orang lain. Sementara, opini seringkali memarginalkan atau mengangkat nama orang lain.
author
No Response

Leave a reply "Pengertian dan Contoh Asumsi"