Pengertian dan Contoh Produk OEM (Original Equipment Manufacturer)

Anda pasti sudah sering mendengar OEM ketika membeli sebuah . Namun, mungkin tak banyak dari Anda yang mengetahui arti sebenarnya dari OEM ini. Berikut kami sajikan sekilas dan seluk-beluk tentang OEM ini.

OEM Parts & Packaging - www.ferguson.com

OEM Parts & Packaging - www.ferguson.com

 

OEM atau Original Equipment Manufacturer adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk yang datang satu paket dari produsen. merancang dan memproduksi produk (komponen atau barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dan dijual ke pembeli. Kemudian, pembeli tersebut mendistribusikan produk itu kepada konsumen.

Perusahaan pembeli ini dapat menentukan spesifikasi dan desain untuk dikerjakan perusahaan OEM (Original Equipment Manufacturer). Dalam hal ini, perusahaan pembeli bisa menentukan supaya perusahaan OEM mencantumkan part-number perusahaan pembeli dan tidak mencantumkan part-number perusahaan OEM. Dalam produk tersebut, nama komponen perusahaan adalah asli yang berisi identitas perusahaan OEM.

Untuk sedikit gambaran, misalkan perusahaan A membuat produk bernama X, maka produk B dengan kualitas original dibuat di perusahaan A itu sendiri. Nah, suatu saat pesanan perusahaan A begitu banyak sehingga harus mencari partner lain, yaitu perusahaan B, untuk membantunya dalam melakukan produksi untuk area tertentu. Produk X yang diproduksi perusahaan B inilah yang dikatakan sebagai produk kualitas OEM. Meski begitu, produk X yang diproduksi perusahaan B akan tetap dijual dengan menggunakan brand milik perusahaan A namun harganya lebih murah dari produk original.

Ada beberapa keuntungan ketika menggunakan OEM ini, di antaranya bisa memangkas biaya produksi karena perusahaan OEM melakukan produksi massal. Selain itu, menggunakan jasa OEM juga membuat perusahaan tidak perlu lagi membuat pabrik baru dan membayar tenaga kerja baru dalam memproduksi suatu barang. Perusahaan cukup membayar sesuai kesepakatan dengan pihak OEM.

Salah satu contoh produk OEM yang mencantumkan merek asli OEM adalah perakitan komputer. Sementara, contoh produk OEM yang tidak mencantumkan merek asli OEM adalah barang-barang otomotif.

Produk OEM ini sering disamakan dengan produk kualitas KW. Padahal, jika melihat dari jalur produksinya, ada perbedaan yang cukup mencolok dari kedua produk tersebut. Selain produk KW merupakan murni bajakan, harga produk ini juga jauh lebih murah dibandingkan produk OEM.

Baca juga:  Definisi dan Contoh Penyusunan Biaya Dibayar di Muka
author
No Response

Leave a reply "Pengertian dan Contoh Produk OEM (Original Equipment Manufacturer)"