Pengertian dan Jenis Infrastruktur

No comment 406 views

Ketika kita berbicara mengenai fasilitas umum, baik milik pemerintah maupun perorangan, kita tentu tidak lepas dari infrastruktur. Namun tahukah Anda, apa arti infrastruktur yang sebenarnya?

infrastruktur - hizbut-tahrir.or.id

infrastruktur - hizbut-tahrir.or.id

 

Menurut Kamus Besar Bahasa , infrastruktur bisa diartikan sebagai prasarana. Sementara menurut American Public Works Association, infrastruktur adalah fasilitas fisik yang dikembangkan atau dibutuhkan oleh agen-agen publik untuk -fungsi pemerintahan dalam penyediaan air, tenaga , pembuangan limbah, transportasi, dan pelayanan-pelayanan similar untuk memfasilitasi tujuan-tujuan sosial dan ekonomi.

Dalam kegunaan untuk aplikasi lain, infrastruktur dapat merujuk pada teknologi , saluran komunikasi formal dan informal, serta alat-alat pengembangan perangkat lunak, jaringan sosial politik atau kepercayaan pada kelompok-kelompok masyarakat tertentu. Infrastruktur dapat pula mengacu pada sebuah yang dikembangkan oleh Karl Marx berartikulasi dengan suprastruktur.

Infrastruktur sendiri dapat dibagi menjadi tiga bagian besar, yaitu:

  • Infrastruktur keras (physical hard infrastructure), meliputi jalan raya dan kereta api, bandara, dermaga, pelabuhan, serta saluran irigasi.
  • Infrastruktur keras non-fisik (non-physical hard infrastructure), yaitu yang berkaitan dengan fungsi utilitas umum, seperti ketersediaan air bersih berikut instalasi pengelolaan air dan jaringan pipa penyalur; pasokan listrik, jaringan telekomunikasi (telepon dan internet) dan pasokan energi mulai dari minyak bumi, biodiesel dan gas berikut pipa distribusinya.
  • Infrastruktur lunak (soft infrastructure), biasa pula disebut kerangka institusional atau kelembagaan yang meliputi berbagai nilai (termasuk etos kerja), norma (khususnya yang telah dikembangkan dan dikodekan menjadi peraturan hukum dan perundang-undangan), serta kualitas pelayanan umum yang disediakan oleh berbagai pihak terkait, khususnya pemerintah.

Sementara dilihat dari sisi input atau output bagi kepentingan penduduk, komponen infrastruktur juga dapat dikelompokkan menjadi tiga karakteristik, yaitu:

  • Komponen yang memberi input kepada penduduk. Jenis infrastruktur yang termasuk dalam kategori ini adalah prasarana air minum dan listrik.
  • Komponen yang mengambil output dari penduduk. Jenis infrastruktur yang termasuk dalam kelompok ini adalah prasarana drainase/pengendalian banjir, pembuangan air kotor/sanitasi, dan pembuangan sampah.
  • Komponen yang dapat dipakai untuk memberi input maupun mengambil output. Jenis infrastruktur yang termasuk dalam kelompok ini meliputi prasarana jalan dan telepon.
Baca juga:  Daftar Lengkap Jurusan (Program Studi) di UNPAD - Universitas Padjajaran
author
No Response

Leave a reply "Pengertian dan Jenis Infrastruktur"