Pengertian dan Macam Literatur

No comment 390 views

Jika Anda seorang akademisi, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah literatur. Pasalnya, literatur sering digunakan ketika seseorang membuat suatu karya ilmiah, baik itu artikel, resensi, atau makalah dan tugas akhir. Tetapi tahukah Anda, apa literatur sebenarnya?

literatur - terapigelombangotak.com

literatur - terapigelombangotak.com

 

Menurut ALA Glosarium of Library and Information Science, literatur dapat diartikan sebagai bahan bacaan yang digunakan dalam berbagai aktivitas, baik secara intelektual maupun rekreasi. Literatur ini bisa dikatakan mirip dengan daftar pustaka atau referensi. Jika Anda kebingungan mencari materi dari suatu ilmu pengetahuan, maka Anda akan mencari referensi ke sumber lain. Nah, referensi ke sumber lain ini yang dinamakan literatur.

Biasanya, literatur berbentuk buku atau jurnal ilmiah (berupa hard copy). Namun, seiring kemajuan yang semakin pesat, literatur saat ini juga bisa berbentuk soft copy, yaitu materi-materi ilmiah yang ada di , yang biasanya berupa e-book.

Berdasarkan tingkat ketajaman analisis, literatur bisa dibedakan menjadi tiga macam, yaitu literatur primer, sekunder, dan tersier. Literatur primer merupakan karya tulis asli yang memuat sebuah teori atau sebuah gagasan dalam berbagai bidang (misal laporan penelitian, paten, disertasi, makalah, dll). Sementara, literatur sekunder adalah literatur yang meringkas atau mengindeks literatur primer. Adapun literatur tersier, memuat petunjuk untuk mendapatkan literatur sekunder.

Sementara, menurut lokasi penempatan koleksi, literatur dibagi menjadi koleksi umum dan koleksi referensi. Koleksi umum adalah literatur yang terdiri atas berbagai macam buku yang dibuat untuk pembaca tingkat dewasa. Sementara, koleksi referensi merupakan literatur yang berisi sekumpulan yang secara khusus dapat digunakan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan yang dimiliki pengguna, misalnya kamus, buku pedoman, dan ensiklopedia.

Terakhir, berdasarkan sifatnya, literatur dibedakan menjadi tiga, yaitu dokumen tekstual, dokumen non-tekstual, dan dokumen campuran. Dokumen tekstual adalah literatur yang berisi berbagai macam teks tertulis yang dapat dibaca, sedangkan dokumen non-tekstual adalah literatur yang tertuang dalam bentuk selain teks (misal gambar, foto, suara). Adapun dokumen campuran, adalah literatur yang merupakan gabungan dari literatur tekstual dan non-tekstual.

Baca juga:  Asus EEEPC 1015
author
No Response

Leave a reply "Pengertian dan Macam Literatur"