Pengertian dan Macam-Macam Biaya Tetap

No comment 1107 views

Dalam dunia dan bisnis, kita tentu familiar dengan istilah biaya. Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi. Ada beberapa klasifikasi biaya, dan salah satu yang pokok adalah biaya tetap (fixed cost).

biaya tetap - bundanaufal.com

biaya tetap - bundanaufal.com

 

Biaya tetap (fixed cost) bisa diartikan sebagai pengeluaran bisnis yang tidak bergantung pada tingkat barang atau jasa yang dihasilkan oleh bisnis tersebut. Pengeluaran ini berkaitan dengan waktu, seperti gaji atau beban sewa yang dibayar setiap bulan, dan sering disebut sebagai pengeluaran tambahan.

Selain itu, biaya tetap juga bisa dimaknai sebagai biaya yang jumlah totalnya akan sama dan tetap, atau tidak berubah sedikit pun meski jumlah barang yang diproduksi dan dijual berubah-ubah dalam kapasitas normal. Biaya tetap juga bisa berarti biaya yang tidak berubah dengan peningkatan atau penurunan jumlah barang ataupun jasa yang dihasilkan.

Dalam akuntansi manajemen, biaya tetap didefinisikan sebagai pengaluran yang tidak berubah sebagai fungsi dari aktivitas suatu bisnis dalam periode yang sama. Contohnya, seorang pedagang eceran harus membayar tagihan sewa dan sarana tanpa melihat hasil penjualannya.

Namun, biaya tetap hanya bersifat tetap dalam hubungannya dengan periode anggaran dan kisar relevan (relevant range) tertentu. Kisar relevan adalah kisar kegiatan normal, yaitu bahwa perusahaan merencanakan untuk beroperasi pada kisar kegiatan tersebut.

Biaya tetap bisa berubah dari tahun anggaran tertentu ke tahun anggaran lainnya apabila terdapat perubahan dalam tarif biaya (seperti tarif asuransi, tarif gaji eksekutif, atau tarif pajak bumi dan ). Juga bisa berubah jika terjadi perubahan kebijakan manajemen (penambahan aktiva yang memengaruhi besarnya biaya depresiasi).

Ada beberapa contoh biaya tetap, yaitu:

  • Amortisasi, biaya ini sifatnya seperti pembayaran bertahap, misalnya pembelian hak paten.
  • Penyusutan, misalnya biaya penyusutan alat produksi.
  • Beban bunga pinjaman, yaitu biaya yang dibayarkan ketika suatu perusahaan memiliki sejumlah pinjaman, baik kepada bank, lembaga, maupun perorangan.
  • Biaya sewa, ini bisa meliputi sewa bangunan, sewa gedung, sewa peralatan, dll.
  • Gaji, ini merupakan kompensasi yang dibayarkan kepada karyawan tetap, terlepas dari jam mereka bekerja.

Bersama biaya variabel, biaya tetap membentuk satu dari dua komponen biaya total. Jadi, biaya total adalah biaya tetap ditambah biaya variabel.

Baca juga:  Biaya Kuliah di Sekolah Penyiaran ‘ATKI’
author
No Response

Leave a reply "Pengertian dan Macam-Macam Biaya Tetap"