Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Ilmu

Anda yang bergelut dalam bidang akademis, terutama , pasti sudah tidak asing lagi dengan ilmu. ilmu sendiri berasal dari dua , yaitu filsafat dan ilmu. Filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia, yang berarti cinta kepada kebenaran. Sementara, ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiat maupun kedudukannya (menurut Muhammad Hatta).

Filsafat Ilmu - www.anneahira.com

Filsafat Ilmu - www.anneahira.com

 

Jika digabungkan, filsafat ilmu dapat diartikan sebagai bagian dari filsafat yang menjawab berbagai pertanyaan mengenai hakikat ilmu. Menurut Robert Ackerman, filsafat ilmu dalam suatu segi adalah suatu tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat dewasa ini dengan perbandingan terhadap kriteria-kriteria yang dikembangkan dari pendapat-pendapat demikian itu.

Pendapat lain dikemukakan A. Cornelius Benjamin yang mengatakan bahwa filsafat ilmu merupakan cabang pengetahuan filsafat yang merupakan telaah sistematis mengenai ilmu, khususnya metode, konsep, dan pra-anggapan, serta letaknya dalam kerangka umum cabang-cabang pengetahuan intelektual. Sementara, Michael V. Berry berpendapat bahwa filsafat ilmu adalah penelaahan tentang logika internal dari teori-teori ilmiah dan hubungan-hubungan antara percobaan dan teori, yakni tentang metode ilmiah.

Dari uraian tersebut, diperoleh suatu gambaran bahwa filsafat ilmu merupakan telaah ke-filsafat-an yang ingin menjawab pertanyaan mengenai hakikat ilmu, yang ditinjau dari segi ontologis, epistemologi, maupun aksiologi. Dengan kata lain, filsafat ilmu merupakan bagian dari epistemologi (filsafat pengetahuan) yang secara spesifik melakukan kajian hakikat ilmu, seperti objek apa yang ditelaah ilmu, bagaimana wujud yang hakiki dari objek tersebut, serta bagaimana hubungan antara objek tadi dengan daya tangkap manusia yang membuahkan pengetahuan.

Secara garis besar, filsafat ilmu memiliki dua objek substantif dan dua objek instrumentatif. Objek substantif pada filsafat ilmu mencakup fakta (kenyataan) dan kebenaran, sedangkan objek instrumentatif meliputi konfirmasi dan logika inferensi atau studi logika.

Sementara, ruang lingkup filsafat ilmu seperti yang dikutip A. Susanto dari pendapat Peter Angeles meliputi beberapa bidang, yaitu:

  • Telaah berbagai konsep, pra-anggapan dan metode ilmu, beserta analisis, perluasan, dan penyusunan untuk memperoleh pengetahuan yang lebih ajeg dan cermat.
  • Telaah dan pembenaran mengenai proses penalaran dalam ilmu.
  • Telaah mengenai saling kaitan diantara berbagai ilmu.
  • Telaah mengenai akibat-akibat pengetahuan ilmiah bagi hal-hal yang berkaitan dengan penerapan dan pemahaman manusia terhadap realitas hubungan logika dan matematika dengan realitas.
Baca juga:  Jadilah Seorang Nerd, Saran Mark Zuckerberg
author
No Response

Leave a reply "Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Ilmu"