Pengertian, Jenis, dan Contoh Pegunungan

No comment 175 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pegunungan. Pegunungan sering dijadikan tempat rekreasi atau berwisata karena cenderung memiliki udara yang sejuk dan terkadang dingin. Ada yang menyebut pegunungan sebagai dataran tinggi, dan ada pula yang mengatakan pegunungan sebagai kumpulan gunung-gunung. Berikut kami sajikan rincian singkat mengenai pengertian pegunungan dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Pegunungan - www.digaleri.com

Pegunungan - www.digaleri.com

Secara sederhana, pegunungan dapat diartikan sebagai suatu area geografis dengan gunung-gunung yang terkait secara geologis. Pegunungan juga dapat disebut sebagai sebuah dataran yang menjulang lebih tinggi dari sekelilingnya. Dalam pengertian yang lain, pegunungan dapat dikatakan sebagai perbukitan yang memiliki ketinggian antara 500 meter hingga 600 meter dari atas permukaan air laut.

Beberapa kalangan juga berpendapat bahwa pegunungan merupakan rangkaian beberapa gunung. Gunung-gunung yang berjejer membentuk pegunungan yang panjangnya dapat mencapai ribuan kilometer serta membutuhkan waktu jutaan waktu untuk pembentukan. Selain itu, pegunungan juga merupakan serangkaian gunung yang terhubung bersama-sama yang pada umumnya membentuk garis panjang gunung-gunung.

Pegunungan - alampedia.blogspot.co.id

Pegunungan - alampedia.blogspot.co.id

Umumnya, masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara pegunungan dengan gunung. Nah, jika pegunungan dapat diartikan sebagai rentetan beberapa gunung atau bukit yang membentuk satu deret atau bentangan, maka gunung adalah sebuah tonjolan atau bentuk permukaan bumi yang lebih tinggi dibandingkan daerah di sekitarnya. Gunung ini berbeda dengan bukit karena lebih curam dan memiliki ketinggian lebih tinggi dibandingkan bukit. Selain itu, gunung juga ada yang masih bisa erupsi (aktif) atau sudah mati (non-aktif).

Baca juga:  Pengertian, Sejarah Singkat, dan Prinsip ASEAN

Pegunungan sendiri terbentuk setelah melalui tiga tahap. Tahap pertama adalah sedimentasi, yaitu endapan terbawa dari daratan oleh sungai atau terlempar dari gunung berapi. Endapan ini kemudian mengendap dan menjadi lapisan tebal, biasanya terjadi di dalam lautan, dan lalu menjadi mampat  menjadi batuan endapan. Tahap kedua adalah adanya pergerakan lapisan kerak yang akan mendesak batu-batuan dan mendorongnya sehingga terlipat. Kemudian, tahap ketiga adalah tekanan yang sangat besar ini menyebabkan lapisan batuan terangkat dan membentuk pegunungan.

Di dunia, atau di pada khususnya, sudah banyak dijumpai pegunungan. Jika dilihat secara sekilas, antara pegunungan yang satu dengan pegunungan yang lain tidak ada perbedaan atau tampak mirip. Namun, tahukah Anda bahwa pegunungan-pegunungan ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, terutama jika ditinjau dari ketinggian yang dimiliki pegunungan yang bersangkutan. Berikut beberapa jenis-jenis pegunungan.

  • Pegunungan rendah, sesuai namanya, pegunungan ini merupakan jenis pegunungan yang memiliki ketinggian tidak terlalu tinggi. Pegunungan dikatakan termasuk kategori pegunungan rendah jika hanya memiliki ketinggian antara 500 meter sampai dengan 1.500 meter di atas permukaan air laut.
  • Pegunungan tinggi, seperti namanya, ini adalah kebalikan dari pegunungan rendah. Disebut pegunungan tinggi jika pegunungan itu memiliki ketinggian di atas pegunungan rendah, atau memiliki ketinggian lebih dari 1.500 meter dari atas permukaan air laut.
Baca juga:  Definisi dan Aplikasi Relevansi

Ada banyak pegunungan di dunia yang memiliki ketinggian menakjubkan. Nama pertama yang wajib masuk dalam adalah Pegunungan Himalaya. Pegunungan Himalaya bisa disebut sebagai pegunungan tertinggi di dunia, dengan puncak Mount Everest mencapai ketinggian 8.850 meter dari atas permukaan air laut. Pegunungan ini sendiri terletak di antara Tibet dan Nepal.

Selain Pegunungan Himalaya, pegunungan tinggi lainnya di dunia adalah Pegunungan Alpen. Berlokasi di perbatasan Prancis, Swiss, dan Austria, pegunungan ini menjadi pegunungan terpanjang di Benua Eropa. Pegunungan Alpen juga sangat terkenal di seantero dunia dan sering dijadikan spot bagi mereka yang menggemari olahraga ekstrem semacam ski.

Masih di Benua Eropa, pegunungan terkenal lainnya adalah Pegunungan Kaukasus. Ini merupakan pegunungan yang memiliki sejumlah gunung tinggi di Benua Biru. Pegunungan ini populer karena memiliki aneka ragam kekayaan hayati yang tentunya bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Kembali lagi ke Benua Asia, kita punya Pegunungan Hindukush. Berlokasi di kawasan Asia Selatan, pegunungan ini selain memiliki potensi alam yang berlimpah, juga menjadi tempat yang sangat eksotis serta udara yang sejuk. Karena itu, tidak heran jika kemudian banyak wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke tempat ini.

Kemudian, kita tentu tidak boleh melupakan Pegunungan Ural. Pegunungan ini terletak di Benua Eropa dan menjadi salah satu pegunungan tertua di dunia yang masih bertahan hingga saat ini. Pegunungan ini membentang dari Kazakhstan hingga pesisir Samudera Arktik sekaligus menjadi batas antara Benua Eropa dan Benua Asia. Pegunungan Ural memiliki puncak tertinggi di Gunung Narodnaya.

Baca juga:  Arti Kata Alay

Indonesia juga ternyata tidak mau kalah dengan menghadirkan sederet pegunungan eksotis. Nama pertama yang patut diusung adalah Pegunungan Tengger, atau lebih terkenal dengan kawasan Bromo, Tengger, Semeru. Kawasan ini merupakan salah satu ikon wisata di Indonesia, terutama di Provinsi Jawa Timur. Di tempat ini, selain menikmati matahari terbit, wisatawan juga bisa menikmati luasnya padang pasir dan kawah Gunung Bromo.

Beralih ke timur Indonesia, kita bisa menemukan Pegunungan Jayawijaya. Pegunungan Jayawijaya merupakan rangkaian gunung yang membujur di Provinsi Papua. Pegunungan ini adalah pegunungan tertinggi di Indonesia, dengan Puncak Jaya sebagai puncak tertinggi yang memiliki ketinggian 4.884 meter dari atas permukaan air laut. Di puncak Pegunungan Jayawijaya, juga terdapat salju abadi yang sayangnya jumlahnya semakin menipis akibat efek pemanasan global.

Beralih lagi ke Pulau Jawa, kali ini ke Jawa Tengah, Indonesia punya Pegunungan Dieng. Merupakan dataran tinggi yang termasuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Pegunungan Dieng punya sejuta pesona wisata alam yang menakjubkan. wisata yang terkenal adalah terdapat dua sumber mata air panas, yakni Pengamoman Lor dan Pengamoman Kidul.

author
No Response

Leave a reply "Pengertian, Jenis, dan Contoh Pegunungan"