Pengertian, Manfaat, dan Jenis Bank Garansi

Dalam melaksanakan suatu proyek , ada kalanya Anda tidak bisa menjalankan proyek itu sendiri dan melimpahkannya kepada pihak lain. Untuk itu, Anda pun harus memiliki keyakinan jika pihak yang Anda tunjuk mampu memenuhi komitmen sesuai dengan kontrak. Namun sayangnya, ada kemungkinan ketika proyek tersebut tidak bisa dijalankan sesuai rencana awal sehingga berujung kerugian.

bank garansi - forum.kompas.com

bank garansi - forum.kompas.com

 

Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, beberapa bank di sudah menyediakan layanan Bank Garansi. Bank Garansi sendiri adalah jaminan pembayaran yang diberikan kepada pihak penerima jaminan apabila pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya. Dengan adanya Bank Garansi, pemilik proyek akan mendapat kepastian bahwa proyek akan berjalan sesuai dengan rencana yang disepakati.

Beberapa Bank Garansi antara lain:

  • Sebagai sarana untuk memperlancar lalu lintas barang dan .
  • Penerima jaminan tidak akan menderita kerugian bila pihak yang dijamin melalaikan kewajiban karena penerima jaminan akan mendapat ganti rugi (pembayaran) dari bank.

Dalam praktiknya, Bank Garansi dapat dibedakan menjadi beberapa . Di antaranya, Bank Garansi untuk Tender, Bank Garansi untuk Penerimaan Uang Muka Kerja, Bank Garansi untuk Pelaksanaan Pekerjaan, Bank Garansi untuk Pemeliharaan, Bank Garansi kepada Maskapai Pelayaran, Bank Garansi untuk Pita Cukai Tembakau, Bank Garansi untuk Perdagangan, dan lain-lain.

Mekanisme penerbitan Bank Garansi biasanya melibatkan tiga pihak, yaitu penjamin, terjamin, dan penerima jaminan.

  • Penjamin adalah bank yang menerbitkan jaminan bank kepada nasabah.
  • Terjamin adalah nasabah (kontraktor) sebagai pihak yang dijamin atau nasabah yang melakukan permohonan kepada bank untuk menerbitkan jaminan bank.
  • Penerima Jaminan adalah pihak ketiga (pemilik proyek) yang menerima jaminan atas suatu perjanjian dengan pihak terjamin atau pihak yang menerima jaminan atas suatu konsekuensi kesalahan yang dilakukan oleh pihak terjamin. Penerima jaminan nantinya berhak memperoleh penggantian atas kejadian tersebut.

Hal penting yang harus diingat adalah bank akan memeriksa kesanggupan dari si pemohon penerbitan Bank Garansi (applicant), selain pihak applicant harus mempunyai Counter Garansi. Bank penerbit juga akan memeriksa surat kontrak antara pihak applicant dengan pihak beneficiary. Isi surat kontrak harus berbunyi detail, karena kontrak tersebut merupakan dasar daripada permohonan penerbitan Bank Garansi.

Baca juga:  Definisi, Jenis, dan Penyebab Selingkuh
author
No Response

Leave a reply "Pengertian, Manfaat, dan Jenis Bank Garansi"