Perbandingan Development Android dengan iOS

Saat ini, smartphone yang beredar di pasaran mayoritas dijalankan oleh operasi dan iOS. Meski ada sistem operasi untuk smartphone yang dirilis Microsoft (bekerja sama dengan Nokia), namun gadget ini kalah pamor dibandingkan perangkat berbasis dan iOS.

android dengan ios - mybroadband.co.za

android dengan ios - mybroadband.co.za

 

Sistem operasi Android maupun iOS masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Berikut perbandingan antara dua platform ini.

Bahasa Pemrograman

Pengembangan Android untuk bahasa pemrograman bisa disebut lebih unggul dibandingkan iOS. Java merupakan yang mudah untuk mengoperasikan perangkat. Namun sekarang, Swift milik iOS juga mampu mengimbangi performa Java.

Development Tools

Sebelumnya, pembangunan Android dilakukan dengan Eclipse yang menggunakan ADT (Android Development Toolkit). Sekarang, posisinya telah resmi digantikan oleh Android Studio. Sementara, pengembangan iOS menggunakan Xcode, dengan Xcode 6.1.1 sebagai versi terbaru.

Filosofi Desain

Baca juga:  Aman Mana, Tegangan Listrik 220V atau 110V?

Tidak seperti desktop atau laptop, ruang pada layar ponsel memang relatif lebih keci. Ada aturan desain tertentu untuk kedua platform ini.  Misalnya, jari tidak memiliki pin-point presisi dari printer mouse. Sementara, ukuran klik terkecil 44 piksel untuk iOS dan 48 untuk Android. Sementara, arsitektur layar pada kedua platform ini memiliki satu kesamaan, yang itu berbentuk persegi panjang.

Simulator

hanya memberikan satu model simulator di tiap perangkat. Sementara dengan Android, pengguna harus memilih versi sistem operasi dan ukuran layar yang sesuai untuk kebutuhan.

Merancang UI (Antar-Muka)

iOS memudahkan merancang IU dengan alat grafis tetapi pengguna bisa mengalami kesulitan ketika mengatur beberapa elemen. Sementara, menentukan parameter dalam XML pada Android lebih responsif.

Debugging

Baca juga:  Harga Oppo N3 Dan Spesifikasi Unggulan Smartphone Mahal

Android memperlambat kinerja aplikasi secara signifikan ketika dalam modus debug, sementara iOS tidak memiliki efek yang jelas. Namun, lebih mudah untuk menambahkan jam tangan dan menjalankan potongan kode dalam debugger Android daripada debugger iOS.

Logging

Android memudahkan untuk menambahkan filter untuk log perangkat, yang sangat diperlukan jika pengguna mengandalkan pencetakan untuk debugging. Pengguna bahkan dapat menggunakan regexes untuk menyaring log. Sementara, Xcode tidak membiarkan Anda menyaring log.

Dokumentasi

iOS memang memiliki dokumentasi yang lebih baik, sedangkan Android memiliki komunitas open source menakjubkan. Dengan Android, pengguna dapat dengan mudah mencari kode sumber penayangan dan struktur data.

Perpustakaan

Android memiliki banyak perpustakaan open source. Perpustakaan untuk elemen UI, memuat gambar, serialisasi, dan lain-lain

author
No Response

Leave a reply "Perbandingan Development Android dengan iOS"