Perbedaan Antara Biaya dan Beban

No comment 94 views

Jika Anda bergelut dalam akuntansi atau manajerial, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah biaya dan beban. Kedua hal tersebut jamak ditemui dalam neraca atau kantor. Kebanyakan menganggap, biaya dan beban adalah dua hal yang sama, yaitu tanggungan yang harus dibayar . Namun, ada perbedaan signifikan di antara keduanya.

Biaya - kreditgogo.com

Biaya - kreditgogo.com

Biaya bisa didefinisikan sebagai pengorbanan ekonomis yang dibuat untuk memperoleh barang atau jasa. Biaya juga bisa berarti sesuatu yang berkonotasi sebagai penunjang yang harus dikorbankan untuk memperoleh tujuan akhir, yaitu mendatangkan laba. Selain itu, biaya juga bisa disebut sebagai kas atau nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan memberikan manfaat saat ini atau di masa yang akan datang.

Baca juga:  Arti, Jenis, dan Fungsi Advokasi

Sementara, beban atau expense adalah pengurang pendapatan yang akan menghasilkan laba bersih sebelum pada laporan laba-rugi. Pada kode perkiraan, beban biasanya merupakan jenis yang paling banyak jumlahnya, yang secara sederhana dapat diklasifikasikan menjadi beban perolehan pendapatan, beban operasi atau rutin, beban operasional lainnya, dan juga beban lain-lain.

Selain berbeda dalam hal atau , ada beberapa perbedaan lainnya antara biaya dan beban, yaitu sebagai berikut.

  • Dalam hal penyusunan laporan keuangan, biaya digunakan dalam penyusunan neraca, biasanya berupa biaya yang belum terpakai dan dianggap mampu memberi manfaat disebut sebagai aktiva, seperti biaya sewa yang dibayar di muka. Sementara, dalam laporan keuangan, beban akan dimasukkan ke dalam penyusunan laporan laba-rugi, termasuk pengeluaran yang sudah terpakai, tidak memberi manfaat di masa depan.
  • Jika dilihat dalam hal periode dalam akuntansi, periode biaya pada umumnya lebih dari satu tahun karena dianggap sebagai capital expenditure atau pengeluaran modal. Jumlah yang dikeluarkan dalam satuan rupiah juga jauh lebih besar dibandingkan beban. Sementara, periode beban dalam laporan akuntansi biasanya kurang dari satu tahun dan jumlah rupiah yang dikeluarkan juga tidak begitu besar, bahkan relatif kecil jika dibandingkan dengan biaya.
  • Dalam hal manfaat, biaya adalah kas atau setara kas yang dikeluarkan perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat atas biaya tersebut. Manfaat ini biasanya berupa pendapatan yang diterima perusahaan akibat mengeluarkan biaya. Sementara, beban adalah pengorbanan yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh manfaat di masa kini dan di masa yang akan datang. Manfaat yang dimaksud adalah manfaat atas penggunaan sumber daya dan bukan termasuk klasifikasi dalam upaya perusahaan dalam memperoleh pendapatan.
Baca juga:  Arti Oportunis

Contoh dari biaya adalah ketika perusahaan membeli sebuah mobil. Tujuan pembelian mobil ini adalah untuk meningkatkan aktivitas pengiriman barang ke pelanggan, sehingga dapat menghasilkan pendapatan berkali-kali lipat. Sementara, contoh beban adalah ketika perusahaan membayar bunga atas pinjaman berupa uang. Perusahaan melakukan pembayaran bunga karena menerima manfaat berupa penggunaan sumber daya berupa uang pinjaman yang diberikan kepada bank.

author
No Response

Leave a reply "Perbedaan Antara Biaya dan Beban"