Rahasia Belajar Banyak Bahasa Asing dalam Satu Waktu

Ada banyak mitos dalam pembelajaran asing. Ada yang mengatakan bahwa bahasa asing itu harus dimulai sejak usia muda atau dini. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa untuk mempelajari banyak bahasa asing, Anda tidak bisa sekaligus, atau Anda harus mempelajari bahasa asing itu satu per satu.

Belajar Banyak Bahasa Asing - masalahbahasavskrebs.blogspot.com/

Belajar Banyak Bahasa Asing - masalahbahasavskrebs.blogspot.com/

 

Namun, menurut John Stewart, seorang mahasiswa yang setidaknya telah mempelajari lebih dari 20 bahasa, dirinya tidak setuju dengan mitos-mitos tersebut. Dirinya, sebagai pembicara asli bahasa , mengaku tidak mempelajari bahasa asing mana pun hingga perguruan tinggi. Di jenjang kuliah, ia mulai belajar bahasa Spanyol, Portugis, dan Italia pada waktu yang sama. Selama beberapa minggu, semakin dirinya mempelajari bahasa tersebut, maka mereka ‘memisahkan diri’ secara di kepalanya.

“Saya tidak setuju di bagian yang mengatakan bahwa cara terbaik untuk belajar bahasa asing adalah mempelajari mereka satu per satu,” kata Stewart. “Itu mungkin bisa menjadi strategi yang baik untuk Anda, tetapi tergantung pada seberapa banyak waktu yang bisa Anda gunakan untuk belajar dan berinteraksi dalam bahasa-bahasa tersebut.”

Karena itu, Stewart pun memberikan tip bagaimana caranya agar Anda bisa mempelajari banyak bahasa asing dalam satu waktu sekaligus.

  • Jika Anda berada di tingkat yang sama untuk masing-masing bahasa, pelajari bahasa-bahasa tersebut secara bersamaan. Mereka akan ‘memisahkan diri’ di kepala Anda selama jangka waktu yang singkat, selama Anda mendedikasikan waktu yang cukup untuk menginternalisasi bahasa-bahasa tersebut.
  • Jika pemahaman Anda terhadap satu bahasa lebih kuat dari yang lain, belajar bahasa lemah dalam bahasa kuat. Ini akan membuat Anda tergantung pada bahasa asli Anda dan ‘mendorongnya keluar dari jalan’ guna membuat ruang bagi Anda untuk berpikir dalam salah satu dari bahasa non-pribumi Anda.
  • Untuk masing-masing bahasa yang ingin Anda pelajari, Anda bisa mencoba mengikuti kursus bahasa Pimsleur. Berikan komitmen waktu setengah jam setiap hari untuk setiap bahasa. Pendekatan komunikatif ini adalah cara tercepat untuk internalisasi bahasa asing.
  • Pelajari setiap bahasa dalam suasana akademis. Mengambil kursus, jika mungkin, untuk setiap bahasa. Pelajari struktur gramatikal untuk lebih meningkatkan pemahaman Anda, kosakata, dan kemampuan untuk mengungkapkan pikiran yang kompleks. Sementara, belajar tata bahasa merupakan penopang yang sangat baik untuk berjalan di atas sampai Anda mampu melakukan internalisasi bahasa yang lebih.
  • Mencari kesempatan untuk terlibat dengan penutur asli atau pelajar bahasa lain. Cara untuk memiliki positif dalam pembelajaran bahasa asing dapat dilakukan dengan bermain , bergabung dengan klub buku, berbisnis, dll. Setiap interaksi positif bakal memperkuat motivasi Anda untuk belajar bahasa, memvalidasi waktu yang Anda telah habiskan untuk mempelajarinya, dan menambah pemahaman Anda tentang bahasa.
Baca juga:  Exchange Rate Bank Indonesia (Informasi Kurs BI)
author
No Response

Leave a reply "Rahasia Belajar Banyak Bahasa Asing dalam Satu Waktu"