Rencana BlackBerry Memproduksi Handset Android

BlackBerry tidak mampu meraih kejayaan kembali dengan lini smartphone Blackberry 10. Ada sebuah laporan baru yang menyatakan ini berencana membuat handset OS Android yang menggunakan keyboard. Keyboard Blackberry memang sangat melegenda. Banyak yang mengatakan keyboard Blackberry nyaman digunakan, bahkan mulai banyak startup yang menirunya.

Ketika Apple meluncurkan iPhone generasi pertama pada tahun 2007, pasar smartphone didominasi oleh BlackBerry dengan lini handset QWERTY keyboard seperti BlackBerry Curve dan Pearl. Smartphone ini sangat populer di kalangan profesional, karena memiliki standar keamanan yang tinggi serta dukungan untuk push email. Tentu saja, unggulan yang paling khas dari Blackbberry adalah keyboard QWERTY fisik yang menghiasi bagian bawah smartphone. Sangat nyaman untuk menulis email dan juga berkirim pesan.

Baca juga:  Yang Unik dari Steve Jobs, Punya Mobil Tanpa Plat Nomor

Penggemar Blackberry serta banyak kritikus teknologi menolak keras layar sentuh iPhone dan keyboard pada layar smartphone. Mereka memperkirakan bahwa smartphone Apple akan berakhir sebagai penggembira saja dalam smartphone. Namun nyatanya pernyataan itu tidak terbukti, bahkan sebaliknya penjualan iPhone dan laku keras.

bb-android

Mantan CEO BlackBerry, Jim Balsillie, baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia telah menduga sebelumnya BlackBerry tidak akan mampu bersaing setelah iPhone diperkenalkan pada 2007. Saat itu handset layar sentuh BlackBerry yang disebut Storm memiliki tingkat pengembalian 100 persen. Blackberry Storm dikerjakan dalam jangka waktu yang sangat singkat. Mulai dari pengembangan layar sentuh dan aplikasi yang juga tidak terlalu banyak.

Baca juga:  Moto X Pure, Suksesor Motorola berkamera 21 MP di Kelas Android Lollipop

"Kami mencoba untuk melakukan terlalu banyak hal dengan Storm. Layar sentuh, tampilan yang bisa diklik, membuat aplikasi baru, dan itu semua dilakukan dalam jangka waktu yang sangat singkat ," kata Balsillie . Dia menyadari Blackberry tidak bisa bersaing dengan hardware high end.

Minat pasar BlackBerry terus turun, perusahaan lalu mengumumkan penggunaan OS generasi berikutnya dalam bentuk OS BlackBerry 10 untuk bersaing dengan iOS dan Android. Namun OS baru dan lini smartphone yang menggunakan OS BB10 tidak juga memperoleh hasil yang memuaskan.

Baru-baru ini sebuah laporan dari Reuters mengungkapkan bahwa BlackBerry berencana memperkenalkan perangkat QWERTY baru. Perangkat itu nantinya akan mengganti OS BlackBerry 10 dengan OS Android besutan Google. Sumber mengatakan smartphone BlackBerry Android akan mulai dijual pada musim gugur.

Baca juga:  Uniknya Terapi Sentil Kertas ala Pak Suharto, Cuma Pakai Media Kertas Putih Polos

Sepertinya sangat menarik melihat Blackberry yang selalu membuat perangkat yang elegan dan kokoh akan dipadukan dengan OS Android. Siapa yang tidak tahu Android, OS dengan pengguna terbesar di dunia karena lisensinya yang terbuka. Dukungan ekosistem aplikasi yang sudah sangat banyak di playstore sepertinya akan menarik kembali minat paru pengguna Blackberry.

Apakah mengganti OS Blackberry dengan Android akan membawa angin segar bagi perusahaan yang telah diambang kebangkrutan ini? Kita lihat saja.

author
No Response

Leave a reply "Rencana BlackBerry Memproduksi Handset Android"