Resep Swedia Tidak Punya Tempat Pembuangan Sampah

Sampah menjadi salah satu masalah yang dihadapi hampir semua di . Tingkat konsumsi masyarakat yang cenderung meningkat membuat produksi sampah semakin tinggi dari tahun ke tahun. Menurut catatan Duke's Center for Sustainability and Commerce, Amerika Serikat rata-rata menghasilkan 4,3 pon sampah per hari atau 220 juta ton per tahun. Dan, sekitar 55 persen dari sampah itu berakhir di tempat pembuangan sampah.

Energy Plant In Sweden - www.upworthy.com

Energy Plant In Sweden - www.upworthy.com

 

Sayangnya, tempat pembuangan sampah bisa menjadi masalah lainnya. Menurut Duke University, sekitar 22 persen emisi metana berasal dari tempat pembuangan sampah. Metana sendiri merupakan gas rumah kaca yang berkontribusi pada perubahan iklim. Meski orang-orang kini memiliki liners dan kolektor gas, namun masalah ini belum bisa teratasi.

Berbeda dengan kebanyakan negara di dunia, Swedia malah tidak memiliki masalah apa pun mengenai tempat pembuangan sampah. Bahkan, tidak ditemui satu pun tempat pembuangan sampah di negara ini. Swedia membangun sekitar 32 pabrik untuk mengolah sampah. Energi yang dihasilkan dari pembakaran sampah tersebut kemudian disalurkan untuk kebutuhan panas dan di kota-kota.

Menurut situs resmi pemerintah Swedia, pengolahan sampah ini mampu menyediakan panas untuk 810 ribu rumah dan listrik untuk lebih dari 250 ribu rumah. Hal ini sangat bagus karena masyarakat bisa mendapatkan cadangan energi selama musim dingin.

Pemerintah Swedia sendiri telah menghimbau masyarakatnya untuk mendaur ulang sekitar setengah sampah mereka sendiri. Selain itu, disediakan pula truk khusus untuk mengambil perabotan bekas seperti barang elektronik yang tidak bisa didaur ulang pada tahap pertama.

Anehnya, karena getol mendaur ulang sampah, Swedia kini tidak memiliki cukup sampah. Bahkan, negara tersebut sampai mengimpor sampah dari negara lain, sekitar 700 ribu ton. Dan, negara-negara tetangga membayar Swedia untuk mengambil sampah dari tempat mereka. Jadi, bisa dikatakan, win-win solution.

Tentu saja, ada beberapa hal penting yang bisa dipetik dari ini. pembakaran limbah dirancang agar tidak menghasilkan karbondioksida dan polusi. Selain itu, ada juga argumen yang mengatakan bahwa kita harus lebih berfokus untuk mengurangi konsumsi di tempat pertama, bukannya berurusan dengan agunan.

Sampah adalah masalah serius dan solusi untuk mengatasinya memang tidak mudah. Tetapi, seperti ini menunjukkan bagaimana sedikit pemikiran cerdas dapat membantu kita mengatasi masalah yang telah menahun ini.

Baca juga:  Belajar Sambil Mendengarkan Musik, Baik atau Buruk?
author
No Response

Leave a reply "Resep Swedia Tidak Punya Tempat Pembuangan Sampah"