Sambel Penyet Mak Yeye, Menu Makan Malam Pedas Pilihan di Surabaya

Berbicara kuliner tidak ada habisnya. Alasan inilah yang menjadikan tempat kuliner ada di banyak tempat, di berbagai . Sama halnya ketika Anda sedang berkunjung ke Pahlawan, Surabaya, tentunya tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat yang enak.

Sambel Penyet Mak Yeye - id.pinterest.com

Sambel Penyet Mak Yeye - id.pinterest.com

Apabila Anda termasuk orang yang suka berburu tempat makan pada saat malam hari, mungkin bisa mencoba tempat ini. Sego Sambel Mak Yeye, begitu tempat ini biasa disebut. Tempat ini berlokasi di depan Toko Alat Elektronik Pendowo, sebelah utara Gedung Darmo Trade Centre, bekas Pasar Wonokromo. Beratapkan terpal yang ditopang kayu, tidak membuat tempat ini sepi pembeli. Mak Yeye buka mulai pukul 22.00-04.00 WIB. Karena jam bukanya yang terbilang cukup larut, tempat ini cocok dijadikan tujuan makan malam di Surabaya.

Baca juga:  Profil dan Biaya Bimbingan Belajar Villa Merah Jakarta

Daya tarik tempat ini adalah citarasa sambel penyetan. Bermacam-macam aneka penyetan dengan kombinasi lauk pauk dan sayur lalap membuat pembeli ketagihan. Misalnya, Anda membeli sambel penyet Iwak Pe.  Satu piring nasi putih dengan lauk seiris ikan pe, telor dan tempe dipatok Rp 15.000. Sedangkan sepiring nasi putih dengan lauk telur dan tempe dibanderol Rp 10.000. Untuk segelas es tehnya, diberi Rp 3.000.

“Dulu harga satu piring nasi masih Rp 7.500. Sekarang sudah naik, mengikuti harga pokok yang terus naik,” kata Faisal, salah satu langganan Mak Yeye. Faisal mengungkapkan, sejak kuliah di IAIN Sunan Ampel Surabaya (sekarang Universitas Islam Negeri/UIN Sunan Ampel) tahun 2001 silam, sudah menjadi langganan Mak Yeye.

Baca juga:  Biaya Kuliah Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Jakarta Tahun 2017/2018

“Rasanya sih nggak beda-beda jauh dengan warung-warung sego sambel yang lain, tapi ada cita rasa tersendiri jika sudah menyantap nasi penyetan Mak Yeye,”tambahnya.

Pak Doel, pelanggan yang lain pun menambahkan, “Tapi, sekarang ulekan (tumbukan) sambalnya sudah tidak menggunakan tangan, tapi pakai blender.”

Sambal buatan Mak Yeye cukup pedas. Untuk menyesuaikan dengan selera pembeli, sambal ini ditambah dengan gula pasir. Apabila pembeli meminta yang pedas, maka sambal yang dihidangkan adalah yang tidak tercampur gula pasir.

Langganan Mak Yeye terdiri dari berbagai kalangan, mulai , buruh pabrik, pegawai kantoran, sampai anggota polisi. Untuk membeli makan di sini, Anda harus rela mengantre dengan banyak pembeli. Namun, antrean yang panjang itu tidak lantas membuat surut keinginan para pembeli untuk mencoba sambal Mak Yeye ini.

Baca juga:  Harga Tiket Bus Harapan Jaya

Kapolrestables Surabaya (Kombes Pol Setija) dan jajarannya juga salah satu pelanggan Mak Yeye. Beliau juga mengaku terkesan dengan masakan Mak Yeye. Itu diungkapkan saat berkunjung di Polsek Wonokromo tahun lalu. Waktu itu saya ikut memotret rombongannya Pak Setija ke Polsek Wonokromo,” ujar Irfan, salah satu pelanggan Mak Yeye.

author
No Response

Leave a reply "Sambel Penyet Mak Yeye, Menu Makan Malam Pedas Pilihan di Surabaya"