Sejarah dan Arti Lambang Suzuki

No comment 1162 views

Suzuki merupakan salah satu merek otomotif kenamaan asal Jepang, selain Yamaha dan Honda. Produk dengan logo huruf “S” warna merah ini sangat laris di pasaran. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah berdirinya pabrikan otomotif ini dan mengapa mereka memilih logo huruf sesimpel itu?

Mulanya, Suzuki didirikan pada tahun 1909 oleh Michio Suzuki dengan nama Suzuki Loom Works di Jepang. Saat itu, perusahaan milik Michio ini hanya fokus ke produksi mesin jahit, yaitu untuk menenun sutra.

suzuki hayabusa

suzuki hayabusa

Sekitar tiga dekade berikutnya, tepatnya tahun 1937, Suzuki beralih ke produk otomotif. Namun karena timbul Perang II, banyak perusahaan gulung tikar, tak terkecuali milik Michio Suzuki.

Setelah Perang Dunia II berakhir, Suzuki mencoba menggeliat kembali. Pada tahun 1952, Suzuki membuat Bracket untuk mesin tempel pada sepeda. Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan Power Free (untuk kapasitas 36 cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free yang berkapasitas 60 cc. Dua tahun kemudian, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan nama Colleda yang berkapasitas 90 cc.

Baca juga:  Arti Status Quo

Dalam kurun waktu itu, tidak banyak yang bisa dilakukan Suzuki. Produksi Suzuki hingga tahun 1960-an tergolong sedikit karena minimnya permintaan ekspor.

Pada tahun 1967, Suzuki mencoba membuat T500 dan diekspor ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris). Karena dinilai cukup sukses, T500 terus dikembangkan sehingga menjadi GT500 yang diproduksi hingga tahun 1977.

Pada tahun 1971, Suzuki sempat membuat GT750 (Water Buffalo) tapi tidak tergoloong sukses untuk pasar Superbike di dunia pada saat itu. Karena itu, Suzuki pun membuat GS750 yang merupakan revisi GT750, pada tahun 1976. GS750 ini ternyata cukup populer di pasaran.

Kemudian pada tahun 1978, GS1000 diproduksi dan mencapai sukses yang luar biasa. Salah satu faktor kesuksesannya adalah GS1000 memiliki frame yang terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor lain saat itu. GS 1000 lalu dikembangkan menjadi GSX 1000 di tahun 1980 dan GSX 1100 Katana di tahun 1982.

Baca juga:  Arti di Balik Kode “86”

GSX 1000 dan GSX 1100 Katana mencapai sukses besar. Model ini dinilai powerfull, memiliki style yang modern, berbodi ringan, dan berharga sangat kompetitif.

Pada tahun 1986, Suzuki kembali membuat gebrakan dengan model andalannya, GSX-R750 dan GSX-R 1100. Meski mengadopsi model motor balap, namun kedua motor ini diperuntukkan di jalan raya.

Pada tahun 1990-an, GSX-R 1100 didesain ulang, tetapi tidak menuai cukup kesuksesan. Karena itu, pada tahun 1999, Suzuki membuat gebrakan dengan meluncurkan GSX-1300R yang lebih dikenal dengan nama Hayabusa, yang disebut-sebut sebagai motor jalanan tercepat di dunia karena kecepatannya bisa menembus 310 km/jam.

Suzuki memiliki logo huruf “S” merah yang sangat simpel dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 1954. Warna merah pada logonya berarti passion, determination, dan vitality. Sementara warna biru pada tulisan “Suzuki” melambangkan strength (kekuatan) dan harmony (keseimbangan).

Baca juga:  Moto X Pure, Suksesor Motorola berkamera 21 MP di Kelas Android Lollipop

Selama lebih dari lima dekade, logo ini menjadi yang paling ikonik dan mengesankan yang pernah dibuat. Logo Suzuki adalah utama desain yang sangat sederhana, bersih namun memiliki visual menarik dan berwibawa.

Beberapa tahun belakangan, Suzuki juga memperkenalkan slogan barunya, yaitu Suzuki The Way of My Life. Slogan ini menjadi bentuk komitmen tinggi dalam melakukan inovasi dan terobosan kreatif untuk memberikan produk otomotif yang sesuai dengan kondisi dan tren zaman, dengan menitikberatkan pada kebutuhan serta keinginan konsumennya.

Saat ini, Suzuki telah menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia dengan lebih dari 4.5000 pegawai, 35 pabrik di 23 negara, dan 133 distributor di 192 negara. Selain dan motor, perusahaan yang berkantor pusat di Hamamatsu, Shizuoka ini juga memproduksi ATV.

author
No Response

Leave a reply "Sejarah dan Arti Lambang Suzuki"