Struktur mengambang terpanjang di dunia untuk menyelamatkan lautan dari sampah plastik akan segera beraksi

Pada tahun 2016, struktur mengambang terpanjang dalam sejarah akan ditempatkan di laut. Jangan khawatir, itu bukanlah sebuah kapal pesiar atau kapal tongkang super atau alat lain yang akan mencemari laut.

Perangkat itu disebut ‘The Ocean Cleanup’, berupa struktur sistem sepanjang 1,9 km yang dirancang untuk mengumpulkan dan menyapu -plastik dari lautan. Selama dua tahun, benda itu akan dipasang di laut. Diharapkan ia dapat mengurangi masalah yang kita alami selama puluhan tahun: tercemarnya laut karena sampah .

Kebanyakan orang  pasti berpikir ia adalah suatu perangkat yang bergerak di laut untuk mengumpulkan sampah.  Namun ternyata bukan begitu cara kerjanya.

Mengapa harus bergerak melalui lautan, jika lautan dapat bergerak melalui Anda? ‘The Ocean Cleanup’ akan menjadi perangkap sampah plastik yang mengambang, memanfaatkan gerakan alami arus lautan untuk mengumpulkan sampah-sampah itu sendiri. Hampir semua arus mengalir di bawahnya, dan  kehidupan laut tidak akan terganggu. Sedangkan plastik yang berbobot lebih ringan dari air terkumpul di depan ‘saringan’ itu dan terkumpul. Rangkaian penyaring sampah itu mengambang, tertambat ke dasar laut, dirancang untuk penampungan yang mencakup jutaan kilometer persegi tanpa bergerak sedikit pun.

Baca juga:  Pengertian dan Kajian Terminologi

Rencananya benda ini akan dipasang di  The Ocean Cleanup dekat Tsushima, sebuah pulau antara Jepang dan Korea Selatan, dan membiarkannya melakukan sistem kerja tersebut selama dua tahun. Kemudian, langkah berikutnya adalah memanfaatkan semua sampah plastik sebagai sumber energi alternatif.

perangkapsampahlaut

Keadaan laut kita sekarang sudah sangat tercemar. Polusi sampah plastik diperkirakan mencapai 8 juta ton setiap tahun. Saat ini ada sekitar 525.000.000.000 potongan plastik yang mengambang di sekitar laut. Dan polusi, seperti yang kita tahu, menyebabkan banyak masalah lingkungan, ekonomi, dan kesehatan.

Sampah plastik plastik berperan membunuh lebih dari 1 juta burung laut dan 100.000 mamalia laut setiap tahun.

-perusahaan di seluruh dunia sejauh ini menghabiskan lebih dari $ 13 miliar per tahun dalam upaya pembersihan pantai. Sejauh ini, upaya untuk membersihkan sampah plastik dari laut menggunakan kapal dan jaring dan belum cukup efektif. Mengenyahkan sampah plastik dari laut menjadi perjuangan besar. Tapi, hal itu akan berubah.

Baca juga:  Pasuruan Gumuyu, Apa Itu?

sampahplastik-laut

Menurut hasil studi ‘The Ocean Cleanup’, berlayar melalui laut untuk menghilangkan sampah cenderung tidak efektif dan juga menyebabkan kerusakan lebih besar. Menggunakan kapal dan jaring untuk mengumpulkan plastik dari lautan akan memakan waktu sekitar 79.000 tahun dan puluhan miliar dolar. Selain itu, operasi semacam itu akan menyebabkan kerusakan yang signifikan untuk kehidupan laut dan karena menghasilkan CO2 dan emisi lainnya.

Itulah yang membuat The Ocean Cleanup sangat istimewa. Semua penelitian menunjukkan itu akan bekerja, itu biaya yang efektif, dan tidak membunuh kehidupan laut. Bahkan, mereka memperkirakan bahwa The Ocean Cleanup bisa menghapus setengah plastik dari Great Pacific Garbage Patch hanya dalam 10 tahun, biaya 33 kali lebih sedikit, dan 7.900 kali lebih cepat dari kapal dan jaring. Pengujian pertama akan dilakukan di daerah Tsushima. Akan dilihat berapa banyak sampah dapat dikurangi dan seberapa cepat itu.

The Ocean Cleanup

The Ocean Cleanup

Boyan Slat adalah jenius di belakang The Ocean Cleanup. Seorang pemuda berusia 20. Dia sedang dalam perjalanan menyelam di Yunani pada tahun 2011.  Ketika ia berusia sekitar 16 tahun, dia sangat terkejut oleh jumlah plastik yang ia temukan. Kemudian dia bertanya-tanya mengapa tak seorang pun telah mau membersihkan sampah-sampah itu.

Baca juga:  Harga Rumah Tangerang Kelas High-End

Daripada menunggu seseorang untuk memperbaikinya, Slat memiliki ide sendiri, yang disajikan pada tahun 2012. Pada tahun 2013, ia mulai memimpin tim internasional  sebanyak 100 insinyur dan ilmuwan, dan pada tahun 2014, mereka mendapatkan donasi sekitar $ 2,2 juta untuk mewujudkan misinya.

author
No Response

Leave a reply "Struktur mengambang terpanjang di dunia untuk menyelamatkan lautan dari sampah plastik akan segera beraksi"