Windows 7 Starter Edition, Pilihan OS terbaik untuk Netbook dan Tablet

Penyediaan dukungan untuk XP telah dihentikan oleh Microsoft sejak April 2014 lalu. Disusul keputusan Microsoft untuk berhenti merilis security patch untuk windows XP. Dengan begitu, operasi Windows XP memang masih bisa digunakan, namun akan sangat berbahaya karena malware dapat menemukan celah untuk masuk dengan mudah.

windows 7 starter edition - windows.about.com

windows 7 starter edition - windows.about.com

 

Untuk para pengguna netbook yang sebelumnya menggunakan Windows XP, tampaknya menjadi sebuah dilema. Mau tak mau kini mereka harus beralih menggunakan Windows 7 untuk ber-surfing ria, mengingat kinerja Windows Vista pada netbook juga tak terlalu direkomendasikan.    

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan upgrade windows dari XP ke 7 adalah dengan mendownload dan menjalankan Upgrade Advisor Windows 7. Software ini akan memeriksa kompatibilitas netbook Anda dengan perangkat-perangkat software Windows 7 yang akan diinstal.

Untuk versi windows 7, disarankan memilih Windows 7 Starter edition sebagai sistem operasi standar untuk semua netbook. Meski begitu, Anda tetap dapat menjalankan Windows 7 versi apapun selama netbook Anda memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya prosesor 1 GHz (32 bit), RAM 1 GB, serta 16 GB free disk space.

Windows 7 Starter sendiri merupakan varian Windows 7 yang memiliki paling sedikit. Windows 7 Starter hanya tersedia dalam versi 32-bit dan tidak mencatut tema Windows Aero di dalamnya. Edisi ini tersedia dalam bentuk pra-instal untuk perangkat , terutama netbook atau tablet.

Masalah ‘klasik’ dalam Upgrade

Sebelum memutuskan untuk melakukan upgrade dari windows XP ke windows 7, Anda harus memahami cara kerja mereka agar tak menimbulkan masalah.

Pertama, Anda harus melakukan backup data terlebih dahulu di tempat terpisah, setelah itu barulah semuanya diinstal kembali setelah netbook Anda berubah menggunakan Windows 7. Jika tidak, maka Anda akan kehilangan semua data dan software penting. Untuk menyederhanakan prosesnya, Microsoft telah menyediakan Windows Easy Transfer untuk Windows XP, namun tetap saja tidak efisien dari segi waktu.

Kedua, netbook Anda pasti tidak memiliki built-in DVD drive, sehingga Anda akan harus mencari cara lain untuk menginstal Windows 7. Cara yang paling sederhana adalah dengan menambahkan DVD drive eksternal melalui port USB, tetapi cara ini jelas akan menambah biaya. Solusi lainnya adalah dengan menyalin software install windows 7 ke media lain, misalnya flash disk. Lalu, dijalankan dengan cara dicolok pada port USB. Untuk membuatnya menjadi USB bootable thumb drive, device harus diformat terlebih dahulu dengan sistem file NTFS.

Setelah file Windows 7 tersimpan pada thumbdrive USB Anda, ubah aturan boot dalam chip BIOS netbook Anda menjadi “boot from USB”, kemudian instal Windows dengan cara biasa.

Baca juga:  Arti, Fungsi, dan Prinsip Asuransi
author
No Response

Leave a reply "Windows 7 Starter Edition, Pilihan OS terbaik untuk Netbook dan Tablet"