7 Bandara Terbesar di Indonesia dengan Fasilitas Terbaik

Bandara Internasional Kualanamu - www.lihat.co.id
Bandara Internasional Kualanamu - www.lihat.co.id

Sebagai kepulauan, selain pelabuhan, bandar udara () merupakan fasilitas publik yang sangat penting bagi kepentingan transportasi di Indonesia. berfungsi sebagai tempat mendarat dan keberangkatan pesawat untuk membawa masyarakat bepergian ke luar kota, luar pulau, dan bahkan ke luar negeri dengan durasi waktu yang lebih singkat.

Di Tanah Air sendiri, sudah banyak dibangun bandara, yang beberapa di antaranya sudah bertaraf internasional. Untuk nama-nama yang populer, sebut saja Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, atau Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali. Bandara-bandara tersebut tidak hanya melayani penerbangan , tetapi juga rute internasional.

Selain bandara bertaraf internasional, di beberapa daerah Indonesia, juga terdapat bandara yang dibangun untuk melayani rute domestik antar-kota dan antar-pulau. Beberapa di antaranya adalah Bandara Blimbingsari di Banyuwangi, Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang, serta Bandara Trunojoyo yang melayani penerbangan perintis.

Dari sekian bandara di Tanah Air, ada beberapa bandara yang memiliki luas dan kapasitas besar. Selain diklaim terbesar, bandara-bandara ini juga telah didukung dengan fasilitas terbaik, yang bahkan sudah diakui oleh beberapa lembaga internasional. Berikut tujuh bandara di Indonesia yang diklaim terbesar dan terbaik.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Menyusun daftar bandara terbesar, tidak bisa lepas dari bandara yang satu ini. Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah pelabuhan udara yang berlokasi di daerah Cengkareng, Tangerang dan menjadi pintu gerbang utama masuk-keluar Indonesia, terutama dari dan ke . Bisa dibilang, bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II itu merupakan bandara paling populer di Indonesia.

Baca juga:  4 Letter Code Bandara di Indonesia

Bandara Internasional Soekarno-Hatta disebut-sebut sebagai bandara terbesar di Indonesia karena memiliki area seluas 18 km persegi. Bandara ini juga didukung dengan dua landasan paralel yang dipisahkan oleh dua taxiway sepanjang 2,4 km. Setiap tahun, bandara ini dikatakan dikunjungi tidak kurang dari 50 juta penumpang.

Selain memiliki luas yang besar, Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga telah didukung fasilitas mutakhir. Terminal 3 merupakan salah satu fasilitas terbaru bandara tersebut, yang baru saja dinobatkan sebagai terminal bandara terbaik di Tanah Air. Baru-baru ini, pihak PT Angkasa Pura II juga telah menyediakan transportasi kereta bandara di tempat ini.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta - id.wikipedia.org
Bandara Internasional Soekarno-Hatta – id.wikipedia.org

Bandara Internasional Kualanamu

Meski baru dioperasikan secara resmi pada bulan Maret 2014, Bandara Internasional Kualanamu telah menyita perhatian publik karena dikatakan sebagai bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dibangun untuk menggantikan Bandara Polonia, Medan, pelabuhan udara ini meraih sertifikasi bintang empat dari Skytrax, yang membuatnya setara dengan Abu Dhabi International Airport, Frankfurt Airport, London Heathrow Airport, dan Barcelona El Prat Airport.

Meski terbilang anyar, namun fasilitas yang dimiliki Bandara Internasional Kualanamu terbilang modern. Selain kereta bandara, tempat ini juga telah didukung dengan integrated baggage handling screening system (IBHSS), yaitu sistem pendeteksi keamanan bagasi yang juga bisa ditemukan di Changi International Airport yang berada di Singapura.

Bandara Internasional Kualanamu - www.lihat.co.id
Bandara Internasional Kualanamu – www.lihat.co.id

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

Bandara ini merupakan salah satu pelabuhan udara tersibuk di Indonesia karena status Bali sebagai destinasi favorit pelancong dari dalam negeri maupun luar negeri. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sendiri memiliki dua terminal, yaitu Terminal Domestik dan Terminal Internasional, dengan luas Terminal Domestik mencapai 12.000 hektar.

Baca juga:  Tugas Customer Service Bank

Beberapa penghargaan internasional sempat disabet oleh pelabuhan udara yang berlokasi di Denpasar tersebut, salah satunya bandara dengan akses Wi-Fi tercepat keenam dunia mengalahkan Bandara IAH di AS. Sementara, di tahun 2017 lalu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menduduki posisi kedua dalam daftar Airport Service Quality (ASQ).

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - nasional.tempo.co
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – nasional.tempo.co

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman

Pelabuhan udara yang biasa disingkat SAMS ini berlokasi di Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Karena itu, bandara ini juga biasa disebut dengan nama Bandara Sepinggan. Dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I, Bandara SAMS pertama kali dibuka untuk publik pada tanggal 6 Agustus 1997 dengan luas 300 hektar dan menjadi bandara terbesar keempat yang dikelola PT Angkasa Pura I.

Ketika mendarat di bandara ini, penumpang pasti dibuat terkagum-kagum dengan bangunan bergaya modern dan futuristik tanpa kehilangan sentuhan khas budaya setempat. Di samping itu, bandara ini juga telah didukung sejumlah fasilitas yang oke, seperti Baggage Handling System (BHS), Difabel and Special Need Service, Reading Corner dan Internet Corner, Kids Zone, 3D Toilet, hingga Airport Cinema.

Bandara Internasional Juanda

Berlokasi di Kabupaten Sidoarjo, bandara ini sering diidentikkan dengan bandara di Surabaya. Pasalnya, Bandara Internasional Juanda menjadi pintu gerbang wisatawan yang ingin berkunjung ke Surabaya dan Provinsi Jawa Timur melalui jalur udara. Karena itu, tidak usah heran jika penerbangan ke bandara ini ditulis menuju Surabaya, bukan ke Sidoarjo.

Sebagai salah satu bandara terbesar, Bandara Internasional Juanda memiliki empat terminal dengan luas 51.500 meter persegi dan panjang landasan pacu 3.000 meter. Sempat menerima penghargaan sebagai Bandara Paling Tepat Waktu di Dunia pada tahun 2016 lalu oleh OAG Punctuality League, bandara ini dikabarkan akan memiliki satu terminal lagi berkonsep airport city.

Baca juga:  Deutsche Bank, Bank Global Jerman yang juga hadir di Indonesia

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

Bandara ini berlokasi di Makassar, ibukota Sulawesi Selatan, dan menjadi salah satu gerbang masuk wisatawan menuju Indonesia bagian timur. Mengusung konsep bangunan dengan desain Kapal Pinisi, kapal tradisional Sulawesi Selatan, Bandara Hasanuddin memiliki dua landasan pacu, dengan landasan pertama sepanjang 3.100 meter x 45 meter dan landasan kedua sepanjang 2.500 x 45 meter.

Bandara ini mengalami proses perluasan dan pengembangan yang dimulai tahun 2004. Antara bagian dari pengembangan adalah terminal penumpang baru berkapasitas 7 juta penumpang per tahun, apron (lapangan parkir pesawat) yang berkapasitas tujuh pesawat berbadan lebar, landas pacu baru sepanjang 3.100 meter x 45 meter, serta taxiway.

Bandara Internasional Ahmad Yani

Memiliki nama yang diambil dari salah satu pahlawan revolusi, bandara ini berlokasi di ibukota Provinsi Jawa Tengah, Semarang. Awalnya, Bandara Internasional Ahmad Yani merupakan pangkalan udaran TNI AD. Namun, karena peningkatan penerbangan sipil, maka sejak tanggal 1 Oktober 1995, status bandara ini menjadi bandara komersial yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I.

Mengusung tema floating airport yang ramah lingkungan, Bandara Internasional Ahmad Yani menjadi satu-satunya bandara yang dibangun di atas air. Bandara ini memiliki landasan utama seluas 2.680 meter x 45 meter, serta lahan parkir kendaraan seluas 43.634 meter persegi. Fasilitas menarik lainnya adalah Baggage Handling System (BHS).