8 Jurusan SNMPTN yang Jarang Diminati

Ilmu Perpustakaan - artikelpustakawan.wordpress.com
Ilmu Perpustakaan - artikelpustakawan.wordpress.com

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur yang bisa dipilih lulusan SMA/sederajat untuk diterima di kampus-kampus favorit. Umumnya, fakultas atau program studi Ekonomi, Kedokteran, dan Teknik menjadi jurusan yang banyak diminati calon mahasiswa baru. Pasalnya, selain prestise, ketiga jurusan tersebut diklaim menjanjikan peluang lebih besar untuk terjun ke dunia kerja.

Kenyataannya, jurusan populer tidak menjamin keberhasilan seseorang selepas studi di perguruan tinggi. Sebaliknya, jurusan-jurusan yang jarang diminati malah menawarkan prospek kerja yang lebih besar, terutama jika mahasiswa memiliki skill dan kecakapan, diselingi dengan relasi di dunia luar. Berikut beberapa jurusan yang jarang diminati peserta SNMPTN.

Ilmu Perpustakaan

Pendapat umum, perpustakaan adalah salah satu tempat yang paling membosankan, terkecuali bagi mereka yang doyan membaca buku. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian jurusan Ilmu Perpustakaan di banyak kampus jarang diminati peserta SNMPTN. Padahal, dengan memasuki jurusan ini, mahasiswa akan diajak belajar bagaimana cara pengumpulan, pengorganisasian, dan penyebarluasan yang ada di perpustakaan. Di samping, itu, dengan masuk ke jurusan ini, wawasan mahasiswa tentunya dijamin bakal menjadi lebih luas.

Ilmu Perpustakaan - artikelpustakawan.wordpress.com
Ilmu Perpustakaan – artikelpustakawan.wordpress.com

Ilmu Astronomi

Sebenarnya, Ilmu Astronomi menjanjikan pengalaman yang menarik, karena mahasiswa bisa belajar mengenai antariksa dan alam semesta. Tetapi, karena harus menguasai fisika, matematika, dan ilmu astronomi itu sendiri, program studi tersebut menjadi salah satu jurusan yang sepi peminat, meski peluang kerjanya tergolong besar.

Baca juga:  PMDK Telkom University

Jika calon mahasiswa berminat masuk ke jurusan ini, mereka akan bisa mengamati benda-benda langit, seperti bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, galaksi, hingga belajar alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi. Setelah lulus, dapat bekerja di lembaga yang menjanjikan, seperti LAPAN, BMKG, observatorium, bahkan NASA dan menjadi astronot.

Ilmu Astronomi - www.newsnation.in
Ilmu Astronomi – www.newsnation.in

Filsafat

Mendengar istilah ini saja rasanya sudah pusing. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian jurusan Filsafat sepi peminat, baik di perguruan tinggi terkenal maupun tidak. Sekilas, studi filsafat memang terlihat rumit karena Anda memerlukan logika berpikir dan logika , serta harus bisa melihat berbagai persoalan dari berbagai sisi.

Namun, jika ditelusuri, dengan masuk ke jurusan Filsafat, mahasiswa bisa belajar tentang banyak hal. Mulai dari perilaku dan fenomena manusia hingga cara berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. Setelah lulus dari kampus, mahasiswa juga berpotensi menjadi orang yang cakap dan bisa menjadi penasihat , bahkan penasihat negara.

Pendidikan Guru SLB

Jika dibandingkan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD, peminat jurusan Pendidikan Guru Sekolah Luar Biasa (PG-SLB) memang cenderung minim. Pasalnya, menurut banyak mahasiswa, mengajar dan melatih anak-anak dengan kebutuhan khusus memang lebih sulit dibandingkan dengan mengajar -siswa ‘normal’.

Padahal, banyak siswa dengan kebutuhan khusus yang membutuhkan guru yang berkompeten, tidak cuma mereka yang tergolong normal. Karena itu, tidak mengherankan jika ditemukan banyak Sekolah Luar Biasa yang membuka lowongan pekerjaan sebagai guru karena tenaga pengajar saat ini memang masih minim.

Baca juga:  Spesifikasi Printer & Driver Epson LQ2180

Fisioterapi

Jika dibandingkan dengan Kedokteran, Kebidanan, Keperawatan, Apoteker, dan Kesehatan , jurusan Fisioterapi memang belum begitu populer meski bergerak di bidang yang sama. Menempuh pendidikan resmi selama tiga tahun untuk program Diploma dan empat tahun (atau lebih) untuk gelar Sarjana Sains Terapan, seseorang yang lulus studi ini akan menyandang gelar Fisioterapis.

Saat ini, profesi Fisioterapis memang semakin banyak dicari, khususnya mereka yang sedang melakukan pemulihan usai mengalami cedera atau kecelakaan, atau baru sembuh dari suatu penyakit. Di banyak negara di luar negeri, profesi ini banyak dipekerjakan di klub-klub sepakbola, yang sekarang mulai diadaptasi oleh kesebelasan di dalam negeri.

Fisioterapi - halamanblogku.blogspot.co.id
Fisioterapi – halamanblogku.blogspot.co.id

Sastra Nusantara dan Sastra Jawa

Ini berbeda dengan Sastra Indonesia. Sastra Nusantara adalah jurusan yang mempelajari fenomena budaya dan sastra asli Indonesia. Dan, jika mengingat bahwa kebudayaan khas dalam negeri wajib dilestarikan, maka tidak semestinya jurusan ini dipandang sebelah mata, khususnya dalam upaya ‘menahan’ gempuran pengaruh asing.

Jika Anda berencana berdomisili di Jawa dalam jangka waktu yang lama misalnya, ini akan menjadi jurusan yang tepat. Dengan mengetahui cara berbahasa Jawa yang baik dan benar, Anda akan bisa menambah teman atau rekan bisnis dari orang-orang Jawa di Indonesia. Perlu diingat pula, banyak orang Jawa yang berstatus bangsawan dan konglomerat.

Baca juga:  Arti, Fungsi, Macam, dan Sistematika Laporan

Ilmu Arkeologi

Pernah menonton franchise film Indiana Jones? Jika iya, aktor utama di film tersebut berprofesi sebagai seorang arkeolog. Nah, jika Anda tertarik menekuni bidang yang sama, Anda bisa mendaftar jurusan Ilmu Arkeologi ketika mengikuti SNMPTN. Peluang masuk program studi ini tergolong sangat besar mengingat jurusan tersebut masih jarang diminati.

Selama kuliah, Anda akan sering melakukan studi lapangan ke tempat-tempat seru yang jarang dikunjungi oleh orang lain. Para lulusan Ilmu Arkeologi ini nantinya dapat bekerja sebagai seorang peneliti, ahli benda-benda sejarah, atau bahkan berpeluang untuk direkrut menjadi ilmuwan di luar negeri. Beberapa kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan ini adalah UI, UGM, UNHAS, dan Universitas Udayana.

Ilmu Kehutanan

Negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan hujan tropis terbesar di dunia. Tetapi sayangnya, tidak banyak anak muda yang tertarik terjun menjadi ahli kehutanan. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian jurusan Ilmu Kehutanan di banyak kampus lokal masih jarang diminati para peserta SNMPTN.

Jika Anda masuk ke jurusan ini, Anda akan belajar tentang cara pengelolaan hutan serta segala hal yang ada di dalam hutan, termasuk sumber daya alam yang dikandungnya. Terlebih, akhir-akhir ini hutan Indonesia semakin lama semakin menyempit, sehingga dibutuhkan pemikiran dan pengelolaan ahli kehutanan untuk menanggulanginya.