Arti Akomodasi

Menurut Kamus Besar Indoesia, akomodasi memiliki lima arti.

  1. Akomodasi adalah: sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misal tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian.
  2. Akomodasi adalah: penyesuaian mata untuk menerima bayangan yang jelas dari yang berbeda. (Biologi)
  3. Akomodasi adalah: penyesuaian manusia dalam kesatuan sosial untuk menghindari dan meredakan ketegangan dan konflik. (Antropologi)
  4. Akomodasi adalah: penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan. (Sosiologi)
  5. Akomodasi adalah: kamar atau ruang tempat tinggal awak kapal atau penumpang kapal (Pelayaran)

Akomodasi memiliki lima makna yang berbeda dalam masing-masing konteksnya, yang memiliki garis besar yang sama, yakni: “ usaha penyesuaian”.akomodasi

Baca juga:  Arti dan Model “Intervensi”

Meskipun demikian, penggunaan akomodasi di tiap-tiap konteks sesuai terjemahan KBBI haruslah tepat agar tidak terjadi kesalahan interpretasi dari pembaca.

:

  1. “ Dalam sebuah paket tour, segala kebutuhan peserta sudah disiapkan oleh pihak penyelenggara mulai dari konsumsi hingga akomodasi.” (Penginapan)
  2. “ Hal-hal yang dapat mempengaruhi daya akomodasi mata seseorang antara lain adalah nutrisi dan kebiasaan membaca orang tersebut.” (Biologi)
  3. “ Sabtu siang kemarin, Bapak Bupati telah mengakomodasi kedua desa yang bertikai melalui pembicaraan serius di Kantor Bupati diwakili oleh Kepala Suku masing-masing desa.” (Antropologi)
  4. “ Dalam menyikapi sebuah permasalahan dalam kelompok, tiap-tiap mesti memiliki sikap yang akomodatif demi keberlangsungan kelompok tersebut.” (Sosiologi)
  5. “ Ketika malam menjelang, beberapa awak kapal yang tidak bertugas biasanya bersantai atau tertidur lelap di dalam ruang akomodasi.” (Pelayaran)
Baca juga:  Pengertian dan Faktor Pendorong Evolusi