Arti Asimilasi dalam Ilmu Sosial, Linguistik, dan Biologi

asimilasi - kisahasalusul.blogspot.com

Dalam bidang ilmu sosial, kita tentu sudah tidak asing lagi istilah asimilasi. Istilah ini juga terdapat pada cabang linguistik dan juga biologi. Namun, apakah asimilasi dalam berbagai bidang tersebut sama?

asimilasi - kisahasalusul.blogspot.com
asimilasi – kisahasalusul.blogspot.com

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, asimilasi dalam bidang sosial dapat diartikan sebagai penyesuaian (peleburan) asli yang dimiliki dengan lingkungan sekitar. Asimilasi bisa juga didefinisikan sebagai pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

Suatu asimilasi ditandai oleh usaha-usaha mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok. Untuk mengurangi perbedaan itu, asimilasi meliputi usaha-usaha mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memerhatikan kepentingan serta tujuan bersama. Hasil dari proses asimilasi ini adalah semakin menipisnya batas perbedaan antar- dalam suatu kelompok.

Namun, untuk bisa membentuk asimilasi ini, ada tiga persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat pertama, terdapat sejumlah kelompok yang memiliki kebudayaan berbeda. Lalu, terjadi pergaulan antar-individu atau kelompok secara intensif dan waktu yang relatif lama. Terakhir, kebudayaan masing-masing kelompok tersebut saling berubah dan menyesuaikan diri.

pendorong untuk mempermudah proses asimilasi ini antara lain:

  • Toleransi di antara sesama kelompok yang berbeda kebudayaan.
  • Kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi.
  • Kesediaan menghormati dan menghargai orang asing dan kebudayaan yang dibawanya.
  • Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat.
  • Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan universal.
  • Perkawinan antara kelompok yang berbeda budaya.
  • Mempunyai musuh yang sama dan meyakini kekuatan masing-masing untuk menghadapi musuh tersebut.

Seperti diuraikan sebelumnya, selain dalam bidang ilmu sosial, istilah asimilasi juga berlaku di bidang linguistik. Dalam bidang ini, Kamus Besar Bahasa Indonesia mengatakan asimilasi sebagai perubahan bunyi konsonan akibat pengaruh konsonan yang berdekatan.

Sementara di bidang biologi, asimilasi dikatakan sebagai pengolahan zat pada tumbuh-tumbuhan yang mengandung butir hijau daun dengan pertolongan sinar matahari. Pengertian lain, yaitu pengubahan zat bertenaga rendah menjadi zat bertenaga tinggi yang diproses oleh tumbuhan. Selain pada tanaman, proses asimilasi juga bisa terjadi pada hewan dan manusia. Asimilasi pada kedua makhluk hidup ini berkaitan erat dengan proses makan dan mencerna.

Baca juga:  Arti “Kondusif” dan Salah Kaprah Penggunaannya