Arti, Ciri, dan Jenis Opini

opini - www.lombokpost.net

Dalam banyak surat kabar, kita tentu sudah tak asing dengan kolom opini. Kolom ini menyajikan pendapat dari berbagai kalangan mengenai banyak hal, mulai politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga pendidikan. Namun tahukah Anda, apa arti sebenarnya dari “opini”?

opini - www.lombokpost.net
opini – www.lombokpost.net

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, opini memang bisa diartikan sebagai pendapat, pikiran, pendirian. Secara lebih luas, opini bermakna pendapat, ide, atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi. Di samping itu, opini juga bisa diartikan sebagai sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku pada masa depan, dan kebenaran atau kesalahannya tidak dapat langsung ditentukan.

Meski merupakan pendapat, namun opini bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian. Opini bukan merupakan fakta. Namun jika di kemudian hari bisa dibuktikan atau diverifikasi, maka opini bisa berubah menjadi fakta atau kenyataan.

Secara garis besar, opini memiliki ciri-ciri:

  • Selalu diketahui dari penyataan-pernyataan.
  • Merupakan sintesis dari banyak pendapat.
  • Memiliki pendukung dalam jumlah besar.

Dalam komunikasi, opini bisa dibagi menjadi beberapa .

  • Opini Individual, merupakan pendapat seseorang mengenai sesuatu yang terjadi di . Untuk mengetahui orang lain ada yang sependapat atau tidak, seseorang harus melakukan perbincangan kepada orang lain terlebih dahulu, sehingga sesuatu yang dibicarakan tersebut kini menjadi opini publik.
  • Opini Pribadi, merupakan pendapat asli seseorang mengenai suatu masalah sosial. Opini pribadi timbul apabila seseorang tanpa dipengaruhi oleh orang lain, menyetujui atau tidaknya suatu masalah sosial, kemudian dalam nalar ia menemukan sebuah kesimpulan sebagai tanggapan atas masalah sosial tersebut.
  • Opini Kelompok, merupakan pendapat sekelompok orang mengenai masalah sosial yang menyangkut kepentingan orang banyak. Contohnya, keharusan Pancasila dijadikan asas tunggal bagi kemasyarakatan.
  • Opini Minoritas, merupakan pendapat orang-orang yang jumlahnya relatif lebih sedikit dari mereka yang terkait suatu masalah sosial, baik yang pro, kontra, atau dengan pandangan lainnya.
  • Opini Mayoritas, adalah lawan opini minoritas, yaitu pendapat orang-orang terbanyak dari mereka yang berkaitan dengan suatu masalah sosial, baik sebagai yang pro, kontra, maupun yang memiliki penilaian lainnya.
  • Opini Massa, merupakan pendapat seluruh masyarakat sebagai hasil dari perkembangan pendapat yang berbeda mengenai masalah yang menyangkut kepentingan umum.
  • Opini Umum, merupakan pendapat yang sama dari semua orang dalam suatu masyarakat mengenai masalah yang menyangkut kepentingan umum. Secara sederhana, opini umum merupakan satu pendapat yang diamini oleh masyarakat pada umumnya.
Baca juga:  Bisnis Model Kanvas, tools andalan para pelaku bisnis