Arti dan Contoh Kontribusi

kontribusi sepak bola - www.elconfidencial.com

Dalam suatu kegiatan sosial, entah itu di lingkungan sekolah, kampung, atau lingkungan lainnya, kita pasti ingin berkontribusi penting untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Tak jarang, setiap orang berlomba-lomba memberikan kontribusi lebih dalam kegiatan yang diikutinya. Namun tahukah Anda, apa kontribusi yang sebenarnya?

kontribusi sepak bola - www.elconfidencial.com
kontribusi sepak bola – www.elconfidencial.com

 

Menurut Kamus Besar Indonesia, kontribusi bisa diartikan sebagai uang iuran (kepada perkumpulan dan sebagainya) atau sumbangan. Secara lebih umum, kontribusi bermakna peran kita dalam keikutsertaan terhadap sesuatu. Kontribusi juga bisa diartikan sebagai keikutsertaan, melibatkan diri, atau memberi sumbangan (baik uang, tenaga, maupun pikiran).

 

Kontribusi memang bisa mencakup berbagai bidang. Dan, kontribusi ini biasanya bertujuan , yaitu untuk membuat sebuah kemajuan, bukan menurunkan atau malah membuat gagal suatu tujuan.

Dalam bidang olahraga, kontribusi berarti sejauh mana setiap pemain atau atlet menyukseskan atau mencapai tujuan tim atau individu secara keseluruhan. Contoh kalimatnya, “Trofi La Liga musim ini yang diraih Barcelona tak terlepas dari peran dan kontribusi seluruh pemain”.

Sementara, kontribusi dalam bidang pendidikan berarti kontribusi tersebut bisa digunakan untuk kepentingan sains atau ilmu pengetahuan. Contohnya, “Ilmu psikologi dalam seratus tahun terakhir telah banyak memberikan kontribusi penting dalam mengungkap karakter manusia yang sesungguhnya”.

Adapun kontribusi dalam pajak daerah adalah sejauh mana porsi atau hasil atau dana yang terkumpul dari sektor pajak di suatu daerah dibandingkan dengan total pendapatan daerah tersebut (APBD). Contohnya, “Sektor pajak berkontribusi 50% dari total pendapatan Malang pada tahun 2005”.

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “kontribusi” yang disertai dengan artinya.

  • Laki-laki itu menyerahkan sejumlah uang kepada panitia acara yang dimaksudkan sebagai bentuk kontribusi dalam menyukseskan acara tersebut. Kontribusi di sini memiliki arti sebenarnya, yaitu digunakan untuk menggambarkan iuran atau sumbangan.

Sebagai kontributor yang bertanggung jawab, Andi rutin mengirimkan berita bermutu tinggi kepada surat kabar tempat dia bekerja. Kontributor di sini memiliki arti sebagai seseorang yang melakukan atau bekerjasama dengan sebuah penerbit. Dalam hal ini, kata tersebut tidak dikaitkan sebagai sebuah objek, melainkan dalam bentuk subjek.

Baca juga:  Arti Akomodasi