Arti dan Unsur Remunerasi

remunerasi - berita.suaramerdeka.com

Jika Anda bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS), TNI, atau Polri, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan remunerasi. Namun, lainnya kemungkinan masih awan dengan istilah ini. Berikut kami sajikan deskripsi singkat dari remunerasi.

remunerasi - berita.suaramerdeka.com
remunerasi – berita.suaramerdeka.com

 

Menurut Kamus Besar Bahasa , remunerasi bisa diartikan sebagai pemberian hadiah (penghargaan atas jasa dan sebagainya). Dengan lain, remunerasi adalah total kompensasi yang diterima oleh pegawai sebagai imbalan atas jasa yang telah dikerjakannya. Biasanya, remunerasi diasosiasikan dengan penghargaan dalam bentuk uang atau dapat juga diartikan sebagai upah atau gaji.

Pada dasarnya, remunerasi mengandung dua unsur pokok, yaitu kompensasi dan komisi (bonus). Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan motivasi kepada tenaga kerja agar meningkatkan prestasi mereka, serta efisiensi dan efektivitas produksi. Karena itu, jika kompensasi diberikan secara benar, maka para karyawan dipastikan akan lebih terpuaskan dan termotivasi untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah ditargetkan.

Selain kompensasi dan komisi, remunerasi juga tak bisa lepas dari upah dan gaji. Berikut kami sajikan uraian singkat tentang hal-hal yang berkaitan dengan remunerasi.

  • Kompensasi, yaitu semua hal yang diterima seseorang pegawai, baik dalam bentuk fisik maupun non-fisik. Hal tersebut dapat dihitung dan diberikan kepada pegawai. Biasanya, kompensasi adalah objek yang dikecualikan dalam pajak pendapatan. Dalam artian, pemberian kompensasi tidak terkena beban pajak.
  • Komisi, yaitu suatu imbalan yang diberikan kepada pegawai atau tenaga kerja dengan perhitungan persentase keuntungan atas sesuatu yang dijual. Istilah ini sering didengar di beberapa perusahaan marketing. Pemberian komisi bisa digabung dengan gaji atau terkadang hanya menerapkan sistem komisi saja tanpa gaji.
  • Gaji, yaitu sebuah imbalan yang diberikan kepada pegawai berdasarkan kurun waktu tertentu tanpa memperhatikan tingkat produktivitas. Kurun waktu yang dimaksud adalah harian, mingguan, atau bulanan.
  • Upah, yaitu imbalan yang diterima oleh seorang pegawai berdasarkan atau dihitung dari waktu yang tetap. Untuk hal ini, bisa menggunakan istilah tarif per jam, tarif per artikel, tarif per dokumen, dan semua kemungkinan yang bisa dihitung.

Besaran komisi, kompensasi, gaji, dan upah sangat tergantung pada struktur dan tradisi ekonomi di suatu daerah. Khusus untuk tingkat upah, juga dipengaruhi oleh kekuatan pasar (supply dan demand), undang-undang, dan tradisi.

Baca juga:  Pengertian Appraisal Bank