Arti, Jenis, dan Fungsi Katalog

Katalog - onlinecetak.com

Buat para akademisi, dan bahkan produsen atau distributor, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah katalog. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, katalog dapat diartikan sebagai carik kartu, daftar, atau buku yang memuat nama benda atau informasi tertentu yang ingin disampaikan. Katalog ini biasanya disusun secara berurutan, teratur, dan alfabetis.

Katalog - onlinecetak.com
Katalog – onlinecetak.com

 

Dalam perpustakaan, katalog ini dapat berupa katalog berkas, katalog kartu, katalog nama, dan katalog umum. Katalog berkas dibuat pada slip kertas yang diikat dalam jilid berkas untuk memungkinkan adanya penyisipan bahan baru yang tepat susunannya, sedangkan katalog kartu, dibuat dibuat pada kartu dengan ukuran dan yang sama, disimpan dalam laci atau lainnya berdasarkan susunan tertentu.

Sementara, katalog nama disusun berdasarkan abjad menurut nama orang, nama tempat, atau keduanya, baik yang digunakan sebagai pengarang maupun sebagi subjek. Terakhir, katalog umum adalah katalog yang dibedakan dari katalog untuk petugas. Biasanya, katalog buku berisi beberapa hal, seperti:

  • Nama lengkap (dengan gelar-gelar kebangsawanannya) dari si pengarang, atau yang dianggap pengarang.
  • Judul buku, jika ada judul tambahannya serta edisi.
  • Tempat penerbit dan nama penerbitnya.
  • Tahun terbit atau copyright date-nya.
  • Jumlah halaman pendahuluan (angka romawi) dan jumlah halaman isi (angka arab). Jumlah halaman bisa diganti dengan jumlah jilid yang ada, jika buku-buku itu berjilid.
  • Keterangan-keterangan (notes) seperti app; digr; graf; illus., tab., dan lain-lain.
  • Keterangan tentang halaman bibliografi.
  • Call-number buku (biasanya ditentukan pada awal buku).
  • Nomor stambuk buku (pada pinggir kiri bawah kartu).
  • Tracing.

Selain dalam buku, katalog ini juga biasa digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan -produk mereka. Katalog adalah alat publikasi yang digunakan perusahaan sebagai cara untuk mempromosikan dan layanan mereka.

Ketika akan menyampaikan semua jenis informasi, katalog benar-benar praktis. Halaman pertama umumnya termasuk presentasi pada fitur-fitur utama perusahaan, termasuk tujuan dan nilai atau rencana kerja, hubungan dengan pelanggan, kualitas, teknologi yang digunakan, gambar bangunan perusahaan, produksi, dan personel.

Bagian paling penting dari katalog didedikasikan untuk menunjukkan produk dan jasa yang berbeda. Terlepas dari deskripsi dari masing-masing item dan harganya, bagian ini mencakup data yang diperlukan seperti informasi pada kontak alamat, nomor telepon, website, e-mail, cabang atau anak perusahaan, metode pemesanan, pengiriman dan pembayaran, dan jam operasional.

Ada berbagai jenis katalog yang bervariasi sesuai dengan konten dan target perusahaan. Katalog paling umum adalah untuk mempromosikan produk konsumen, terdiri dari gambar (foto, rendering, atau ilustrasi) dari item yang dijual perusahaan. Di setiap gambar, ada deskripsi produk, termasuk karakteristik (ukuran, warna, bahan, fungsi, proses manufaktur, dll).

Baca juga:  Arti dan Model “Intervensi”