Arti Kata “Dinamis” dan Cirinya

dinamis - senjataweb.blogspot.com

Dalam kehidupan yang terus berkembang tiap harinya, kita dituntut untuk bergerak dinamis agar tidak tergerus kemajuan zaman. Gerak dan pikiran yang dinamis juga bertujuan agar kita bisa selangkah lebih maju dibandingkan sekeliling. Namun tahukah Anda, apa arti dinamis sebenarnya?

dinamis - senjataweb.blogspot.com
dinamis – senjataweb.blogspot.com

 

Dinamis berasal dari , “dynamisch”, yang memiliki arti giat bekerja, tidak mau tinggal diam, selalu bergerak, dan terus tumbuh. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah ini bisa dimaknai sebagai penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dan sebagainya; mengandung dinamika.

Berdasarkan tersebut, orang yang dinamis cenderung berusaha secara sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya ke arah yang lebih baik dan maju. Misalnya, seorang petani akan berusaha agar hasil pertaniannya meningkat atau seorang pedagang menerapkan strategi khusus untuk mengembangkan usaha perdagangannya.

Orang-orang yang memiliki pemikiran dinamis umumnya memiliki kecenderungan untuk percaya diri dan mandiri. Mereka memancarkan antusiasme dan energi dalam setiap bidang yang digelutinya. Orang yang dinamis juga selalu mengejar tujuan atau target mereka dengan aktif dan penuh semangat. Tidak ada yang lebih mereka cintai dibandingkan tantangan-tantangan baru.

Orang yang dinamis juga memiliki mata yang tajam dalam melihat kesalahan dan dapat mengkritik tanpa kenal ampun jika melihat kesuksesan suatu proyek yang terancam bahaya. Meski sekilas tidak peduli apakah orang lain mengasingkan mereka atau tidak, namun orang-orang tipe ini juga selalu menerima argumen-argumen objektif, menyukai diskusi, berbakat mengeluarkan retorika, dan pandai meyakinkan atau menyemangati orang lain.

Karena sangat mudah bergaul, orang dinamis juga cenderung memiliki banyak teman. Mereka sangat blak-blakan tetapi tanpa bermaksud buruk. Segala sesuatu yang baru dan tidak dikenal bakal merangsang dan membangkitkan rasa keingintahuan orang-orang yang dinamis. Namun jika sesuatu berjalan tidak sesuai yang diinginkan, orang-orang dinamis dapat bereaksi agak bebal dan keras kepala.

Kebalikan dari dinamis adalah statis. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, statis bisa diartikan sebagai keadaan diam (tidak bergerak, tidak aktif, tidak berubah). Orang-orang statis cenderung mengalami hidup yang standar, tidak mengalami kemajuan, dan sering mendatangkan kerugian. Karena itu, statis ini sangat disarankan untuk ditinggalkan.

Baca juga:  Pengertian dan Faktor yang Memengaruhi Kurs