Arti Konvensional dalam Berbagai Bidang

konvensional - finance.detik.com

Dalam membicarakan spesifikasi atau desain sebuah kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, kita tentu sering mendengar istilah “konvensional:. Istilah ini juga kerap disebut dalam dunia perbankan, olahraga, maupun bidang lainnya. Namun tahukah Anda, apa sebenarnya arti istilah “konvensional”?

konvensional - finance.detik.com
konvensional – finance.detik.com

 

Dalam Kamus Besar , konvensional bisa diartikan sebagai berdasarkan konvensi (kesepakatan umum), seperti adat, kebiasaan, atau kelaziman. Istilah ini sebenarnya berasal dari “konvensi” yang awalnya digunakan untuk menyatakan atau mengomunikasikan segala sesuatu yang didasarkan pada kesepakatan.

Kesepakatan di sini dilakukan oleh sejumlah atau banyak orang. Kesepakatan ini sering dilakukan karena adanya perbedaan pendapat atau keinginan. Untuk memperoleh formula yang bisa memenuhi keinginan berbagai pihak atau kelompok inilah, maka dimunculkan kesepakatan yang biasanya dilakukan melalui sebuah musyawarah atau pemungutan suara (voting).

Seperti diuraikan sebelumnya, istilah konvensional berlaku di banyak bidang. Dalam dunia misalnya, kita tentu sering mendengar istilah pembelajaran konvensional. Ini adalah metode pembelajaran tradisional atau disebut juga dengan metode ceramah, karena sejak dulu metode ini telah dipergunakan sebagai alat komunikasi lisan antara guru dengan anak didik dalam belajar dan pembelajaran.

Metode lainnya yang sering digunakan dalam metode belajar konvensional antara lain adalah ekspositori. Metode ekspositori ini mirip metode ceramah, yaitu kegiatan pembelajaran terpusat pada guru sebagai pemberi informasi (bahan pelajaran).

Selain dalam dunia pendidikan, istilah konvensional juga sering muncul dalam dunia perbankan. Kita tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah bank konvensional. Bank konvensional adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional, yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran secara umum berdasarkan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Di samping itu, dalam bidang pertambangan, ada istilah energi konvensional. Istilah ini merujuk pada sebuah energi yang berasal dari alam. Sumber daya konvensional sendiri ada yang bisa digunakan terus-menerus dan ada juga yang akan habis karena lamanya proses pembentukan.

Nah, demikian pengertian dari istilah konvensional, baik secara umum maupun dalam bidang-bidang tertentu. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

Baca juga:  Apa Bedanya 2G, 3G, dan 4G LTE?