Arti ‘LOL’ dalam Bahasa Gaul dan Program Komputer

Arti ‘LOL’ - burger-cheese.blogspot.com

Buat Anda yang biasa menggunakan chatting dan jejaring , pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah LOL. Istilah atau singkatan ini memang biasa digunakan dalam percakapan gaul sehari-hari oleh anak muda zaman sekarang, terutama ketika berkomunikasi lewat layanan pengiriman pesan atau chatting.

Arti ‘LOL’ - burger-cheese.blogspot.com
Arti ‘LOL’ – burger-cheese.blogspot.com

 

Umumnya, anak muda zaman sekarang mengartikan singkatan LOL sebagai Laugh Out Loud. Dalam , kalimat ini secara sederhana dapat diartikan sebagai tertawa terbahak-bahak, tertawa ngakak, hahahahaha, dan sejenisnya. Untuk mengetahui secara lebih rinci mengenai arti LOL ini, berikut contoh penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.

A : “Aduh, sial banget. Kemarin aku pakai baju kebalik, tetapi baru sadar pas mau sampai ke pasar.”

B : “LOL…”

Meski demikian, ada juga yang menyebut LOL itu sebagai singkatan dari Lots of Love atau banyak cinta. Sementara, yang lain mengatakan bahwa LOL adalah kependekan dari Lots of Luck atau banyak keberuntungan. Sama seperti arti LOL sebelumnya, istilah ini juga kerap digunakan ketika berkomunikasi lewat aplikasi chatting.

Di samping LOL, ada beberapa singkatan bahasa gaul lainnya yang juga banyak digunakan dalam percakapan via aplikasi chatting. Misalnya saja, CMIIW yang merupakan kependekan dari Correct Me If I’m Wrong (betulkan jika aku salah), IMHO atau In My Humble Opinion (menurut pendapat sederhanaku), BTW atau By The Way (ngomong-ngomong), FYI atau For Your Information, dan lain-lain.

Selain dalam bahasa gaul, LOL ternyata juga dipakai sebagai bahasa pemrograman komputer sebagai instant messaging atau penampilan pesan pada Windows. Untuk mengetahui arti LOL dalam pemrograman komputer ini, Anda bisa mencoba membuka notepad lalu tuliskan: lol=msgbox (“Virus berbahaya terdeteksi di komputer Anda. Pilih YES untuk memformat harddisk Anda sekarang, atau NO untuk memformat harddisk setelah restart.”,20,”Warning”).

Save notepad tersebut dengan nama virus-palus.vbs. Lalu, klik double file tadi. Hasilnya adalah message box yang menampilkan pesan yang Anda tulis di antara dua tanda petik tadi. Anda juga bisa mencoba dengan pesan lainnya, semisal mengucapkan selamat datang ketika Windows start. Ini bisa dilakukan jika Anda simpan file tersebut di Start Menu – Programs – Startup.

Baca juga:  Arti Sekuler, Sekularisme, dan Negara Sekuler

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*