Arti Makna Denotasi Beserta Contohnya

Makna Denotasi - ketikakuberkata.blogspot.co.id
Makna Denotasi - ketikakuberkata.blogspot.co.id

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, baik di tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, maupun perguruan tinggi, kita tentu sering menemukan denotasi dan konotasi. Meski cukup familiar, namun tidak semua bisa mengerti arti kata-kata yang termasuk dalam denotasi dan konotasi. Nah, berikut kami sampaikan rincian secara lengkap.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, denotasi dalam kajian Linguistik diartikan sebagai makna kata atak kelompok kata yang didasarkan atas penunjukan yang lugas pada sesuatu di luar bahasa atau yang didasarkan atas konvensi tertentu dan bersifat objektif. Referensi lain menyebutkan bahwa makna denotasi adalah merupakan kata atau kalimat yang memiliki makan sesuai dengan makna sebenarnya.

Makna Denotasi - ketikakuberkata.blogspot.co.id
Makna Denotasi – ketikakuberkata.blogspot.co.id

Sementara, menurut salah satu buku, makna denotasi disebutkan sebagai makna yang sesuai dengan makna asalnya, tanpa ada pergeseran makna ataupun perubahan makna. Jika disederhanakan, makna denotasi bisa dikatakan sebagai makna lugas. Untuk lebih memahami makna denotasi tersebut, berikut disajikan beberapa contoh makna denotasi dalam bentuk kalimat.

  • Tangan kanan Doni terkilir ketika ia sedang bermain basket di lapangan dekat . (tangan kanan = tangan di sebelah kanan)
  • Sore tadi, aku makan hati ayam di rumah makan yang berada di seberang kantor kakak. (makan hati = menyantap hati)
  • Kambing kurban yang kemarin dibeli Budi adalah kambing hitam. (kambing hitam = kambing yang memiliki bulu berwarna hitam)
  • Peternakan itu memiliki sapi perah dengan jumlah yang cukup banyak. (sapi perah = sapi yang diperah atau diambil susunya)
  • Bau kencur di dapur sangat menyengat hingga ke kamar dan ruang tamu (bau kencur = aroma bumbu kencur)
  • Karena marah, Pak Rudi pun membanting tulang iga yang tengah ia santap di meja makan. (membanting tulang = menjatuhkan tulang ke bawah dengan sangat keras)
  • Balita itu masih saja menggigit jari miliknya. (menggigit jari = mencekam jari dengan menggunakan gigi)
  • Karena terlalu asyik bermain paralayang, ia pun nyaris saja lupa daratan. (lupa daratan = tidak ingat adanya daratan)
  • Benturan yang keras di kepalanya membuat Adi nyaris hilang ingatan. (hilang ingatan = ingatan atau memori yang tiba-tiba lenyap)
  • Ibu menyuruh kami angkat tangan jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. (angkat tangan = mengacungkan tangan ke atas)
  • Setelah acara selesai, kami pun menggulung tikar yang sebelumnya terbentang di atas tanah pinggiran danau. (menggulung tikar = melipat tikar hingga menjadi gulungan atau bulat).
  • Ibu tengah menjahit mantel menggunakan bahan benang merah. (benang merah = benang yang berwarna merah)
  • Hari ini, Roni mengenakan jaket dengan warna hijau. (hijau = warna dasar yang mirip dengan warna daun)
Baca juga:  Bandara Luwuk (Syukuran Aminuddin Amir), Bandara Kelas II di Sulawesi Tengah

Perbedaan dengan Makna Konotasi

Seperti diutarakan sebelumnya, makna denotasi sering disandingkan (atau dipertentangkan) dengan makna konotasi. Kedua istilah ini memang selalu hadir hampir berbarengan dalam suatu kasus dalam bidang Linguistik. Dengan memahami makna denotasi, Anda pun bisa memahami makna konotasi, begitu pula sebaliknya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konotasi dalam bidang Linguistik bisa diartikan sebagai tautan pikiran yang menimbulkan nilai rasa pada seseorang ketika berhadapan dengan sebuah kata. Masih menurut sumber yang sama, makna konotasi juga bisa dikatakan sebagai makna yang ditambahkan pada makna denotasi.

Referensi lain menyebutkan bahwa konotasi adalah makna kultural atau emosional yang bersifat subjektif dan melekat pada suatu kata atau frasa. Konotasi ini dikatakan dapat berbentuk positif maupun negatif. Di samping itu, makna konotasi juga dapat diartikan sebagai makna denotasi yang dikiaskan atau dibandingkan dengan suatu hal yang lain, sehingga makna ini begitu mirip dengan makna kias dan makna metaforis. Karena itu, makna konotasi terkadang disebut juga sebagai makna kias.

Baca juga:  Pengertian dan Kelebihan TV Kabel
Makna Denotasi - www.today.com
Makna Denotasi – www.today.com

Layaknya makna denotasi, untuk lebih memahami makna konotasi, lebih baik menerapkannya dalam sebuah kalimat. Berikut kami sajikan beberapa contoh kalimat yang menyertakan kata yang memiliki makna konotasi di dalamnya.

  • Ali merupakan tangan kanan dari seorang pengusaha besar yang bekerja di luar negeri. (tangan kanan = orang kepercayaan atau orang yang diberi kepercayaan)
  • Ia tidak mau menemui mantan kekasihnya karena takut makan hati. (makan hati = sakit hati, tidak enak hati)
  • Pelatih tersebut dijadikan kambing hitam atas hasil mengecewakan yang diraih klubnya sepanjang kompetisi musim ini. (kambing hitam = biang kerok, penyebab hal-hal buruk)
  • Karena masih dirasa bau kencur, Ani dilarang orang tuanya untuk bepergian malam-malam. (bau kencur = umur masih terlalu muda)
  • Roni bekerja membanting tulang untuk menghidupi istri dan ketiga anaknya yang masih kecil. (membanting tulang = bekerja secara keras)
  • Melihat kekalahan yang diderita oleh timnya, pemilik klub tersebut hanya bisa menggigit jari. (menggigit jari = perasaan kecewa)
  • Kekayaan melimpah yang dimilikinya membuat orang tersebut lupa daratan. (lupa daratan = bertindak tanpa menghiraukan harga diri sehingga melampaui batas)
  • Kakaknya angkat tangan atas masalah yang saat ini sedang dialami oleh adiknya. (angkat tangan = menyerah)
  • Perusahaan mobil tersebut harus gulung tikar akibat penjualan produk yang terus mengalami penurunan. (gulung tikar = bangkrut)
  • Kalau disimak, perjalanan para alumni sekolah kejuruan ini mempunyai satu benang merah, yaitu semua dapat berdiri tegak mendapat tempat terhormat di masyarakat. (benang merah = sesuatu yang menghubungkan beberapa hal sehingga menjadi satu kesatuan)
Baca juga:  Daftar Channel UseeTV Terbaru – Update Maret 2016

Demikian informasi mengenai makna denotasi, dan juga makna konotasi, yang biasa diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda.