Arti Oportunis

Secara umum, seseorang dikatakan opurtunis apabila ia berpihak pada suatu hal ketika hal tersebut menguntungkan dirinya.

Menurut Kamus Besar , arti oportunisme adalah “suatu paham yang semata-mata hendak mengambil untuk diri pribadi dari kesempatan yang ada tanpa berpegang pada prinsip tertentu.”oportunis

Berdasarkan arti oportunisme dari KBBI, maka dapat disimpulkan bahwa arti opurtunis adalah “orang yang semata-mata hendak mengambil keuntungan untuk diri pribadi dari kesempatan yang ada tanpa berpegang pada prinsip tertentu.”

Paham Oportunisme pada mulanya merupakan julukan untuk sistem  Gambetta, seorang republikan di Perancis. Sistem ini bermula ketika ia tidak mau berkompromi untuk mengorbankan prinsip-prinsip tertentu partai republikan dalam menanggulangi masalah-masalah yang dihadapinya

Baca juga:  Arti Dilema dan Cara Mengatasinya

Dalam perkembangannya, oportunis kemudian sering terdengar dalam ruang-ruang organisasi atau pergerakan politik dan sosial. oportunis ditujukan kepada orang-orang yang tidak memilki sikap politik dan prinsip tertentu sehubungan dengan permasalahan-permasalahan yang menjadi semangat perjuangan pergerakan atau organisasi. Orang-orang oportunis hanya mengikuti dan berpihak pada sesuatu ketika sesuatu hal tersebut menguntungkan dirinya pribadi, baik secara moriil maupun materiil.