Arti Persuasif

Menurut Kamus Besar , arti persuasif adalah bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin).

persuasif berasal dari dasar Bahasa Inggris, persuade, yang artinya adalah membujuk atau merayu.persuasif

Dalam ilmu komunikasi, dikenal konsep komunikasi persuasif.

Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator.

Komunikasi persuasive banyak dipergunakan di dalam dunia marketing, penjualan, politik, juga pada dunia-dunia sosial seperti kampanye atas isu-isu yang sedang marak, dan lain sebagainya.

Tujuan komunikasi persuasif sangat beragam tergantung pada konteks dan bidang masing-masing.

Dalam dunia marketing, tujuan komunikasi persuasif terjadi antara pihak penjual dan calon pembeli. Tujuan dari komunikasi ini adalah agar calon pembeli merasa yakin akan pilihan produk yang ditawarkan oleh pihak penjual, yang tujuan akhirnya adalah kesepakatan jual beli antara penjual dan pembeli.

Baca juga:  Intensitas, Arti dan Faktor Pengaruhnya

Dalam dunia politik, komunikasi persuasif sering muncul di dalam propaganda-propaganda yang memiliki tujuan untuk kepentingan suatu kelompok. Komunikasi persuasif juga terjadi diantara pihak-pihak yang bertikai agar terjadi kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak demi terselesaikannya peperangan atau pertikaian.

Dalam dunia pendidikan, komunikasi persuasif juga sering dipraktekkan oleh para pengajar kepada anak didiknya, terutama pada tingkat pendidikan anak usia dini adan pendidikan dasar. Komunikasi persuasif yang dilakukan dalam konteks ini tentu berbeda prakteknya dengan dua konteks sebelumnya. Dalam dunia pendidikan, komunikasi persuasif dilakukan sebagai cara pengajar untuk menarik minat belajar anak didiknya, terutama di tingkat pendidikan dasar dan anak usia dini yang memang membutuhkan kesabaran dan sesekali menerapkan prinsip reward untuk meningkatkan minat belajar anak.

Baca juga:  Asal Mula ‘Terapi Tertawa’ dan Kegunaannya

- yang menentukan keberhasilan/ ketidak berhasilan suatu pesan yang bertujuan persuasif. Empat utamanya adalah:

  1. Sumber pesan/ komunikator yang mempunyai kredibilitas yang tinggi; contohnya seseorang yang mempunyai pengetahuan tentang apa yang disampaikannya.
  2. Pesan itu sendiri (apakah masuk akal/ tidak)
  3. Pengaruh lingkungan
  4. dan kesinambungan suatu pesan (apakah pesan tersebut diulang-ulang)