Bagaimana Cara Melakukan Check-Out Kamar Hotel?

Kamar Hotel - travel.usnews.com
Kamar Hotel - travel.usnews.com

Jika Anda sering bepergian ke luar dan menginap di hotel, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan check-out. Ini bisa dikatakan sebagai proses konfirmasi tamu hotel kepada pihak penginapan setelah menyelesaikan masa menginap di tempat tersebut. Sayangnya, seperti halnya check-in, masih banyak tamu yang belum mengetahui bagaimana cara untuk check-out dari hotel, villa, guest house, atau akomodasi lainnya.

Kamar Hotel - www.marriott.com
Kamar Hotel – www.marriott.com

Seperti diutarakan sebelumnya, check-out adalah proses konfirmasi tamu kepada pihak atau pengelola penginapan setelah menyelesaikan masa menginap dan hendak keluar dari tempat bermalam yang bersangkutan. Secara singkat, ini adalah jam ketika tamu sudah harus meninggalkan kamar dan penginapan di hari terakhir menginap atau pemberitahuan akhir masa tinggal.

Rata-rata penginapan di Tanah Air menerapkan jam check-out yang sama. Pada dasarnya, check-out dilakukan pada pukul 12.00 WIB di hari terakhir tamu menginap, sedangkan check-in dilakukan mulai pukul 14.00 WIB atau dua siang. Namun, ada juga beberapa hotel, terutama ketika high season, yang menerapkan waktu check-in pada pukul 13.00 WIB dan waktu check-out antara pukul 11.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB.

Kebijakan masing-masing hotel memang kerap kali berbeda. Oleh karena itu, ada baiknya tamu bertanya terlebih dahulu kepada pihak akomodasi mengenai jam check-in dan check-out sebelum mereka menginap. Biasanya, dalam form reservasi maupun situs resmi hotel, juga telah disediakan keterangan mengenai jam check-in dan check-out.

Baca juga:  7 Bandara Terbesar di Indonesia dengan Fasilitas Terbaik

Cara Check-Out Kamar Hotel

Meski terdengar simpel, namun banyak tamu atau wisatawan yang belum mengetahui prosedur pelaksanaan check-out kamar hotel. Nah, berikut kami sajikan informasi cara-cara melakukan check-out ketika waktu menginap Anda sudah habis.

Kamar Hotel - travel.usnews.com
Kamar Hotel – travel.usnews.com
  • Seperti halnya check-in, tamu sebaiknya harus mengetahui jadwal atau jam kapan harus check-out. Seperti dijelaskan di atas, umumnya, jadwal check-out penginapan di (dan juga di mancanegara) adalah pukul 12.00 WIB. Namun, setiap hotel bisa juga memiliki ketentuan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan hal ini pada pihak penginapan, mengecek form reservasi, atau bertanya pada pihak travel agent.
  • Jika kamar tidak dalam posisi dipesan tamu lain, biasanya hotel memperbolehkan check-out lebih lambat sekitar satu jam. Tamu hanya perlu menghubungi resepsionis sebelumnya untuk meminta kelonggaran. Namun, jika kamar sudah dipesan, maka keterlambatan check-out akan dikenakan denda sesuai dengan kebijakan penginapan yang bersangkutan.
  • Kemasi barang bawaan Anda dan pastikan jangan ada yang tertinggal di kamar hotel. Dalam proses ini, Anda harus benar-benar memastikan secara saksama, jangan hanya sekadar melihat sekilas. Jika perlu, periksa di balik selimut sampai di bawah tempat tidur. Siapa tahu ada barang Anda yang terjatuh dan penting bagi Anda. Selain itu, cek juga setiap laci, lemari, sudut-sudut lantai, kamar mandi (bahkan di area pancuran mandi), dan safe deposit box.
  • Cek pengisi daya baterai Anda. Letak stop kontak di kamar hotel biasanya tersembunyi, entah di belakang meja, di sudut lantai, ataupun di belakang lampu. Ketika memasang pengisi daya baterai ke stop kontak, banyak tamu yang lupa mencopot charger. Untungnya, belakangan sudah banyak hotel yang memasang stop kontak di atas meja sehingga memudahkan para tamu untuk ingat mencopot charger.
  • Ambil perlengkapan hotel. Jangan tinggalkan perlengkapan hotel yang diperbolehkan Anda bawa pulang. Selain cocok sebagai souvenir, barang-barang ini nantinya juga hanya akan dibuang oleh petugas hotel jika Anda tidak membawanya pulang. Beberapa perlengkapan seperti sabun, sampo, pelembap, sikat gigi dan pasta gigi, pencukur kumis, sampai kapas dan cotton bud biasanya diperbolehkan dibawa pulang.
  • Sebaliknya, jangan membawa barang-barang kepunyaan hotel yang memang tidak diperbolehkan untuk dibawa pulang. Biasanya, akomodasi sudah menetapkan barang-barang apa saja yang tidak boleh dibawa pulang oleh tamu, termasuk selimut, keset, dan handuk.
  • Pastikan juga apakah Anda mengambil air kemasan atau makanan yang disediakan di dalam lemari pendingin di kamar. Kalau iya, maka segera bayar biaya pada waktu check-out di counter resepsionis, kecuali jika fasilitas mini bar tersebut sudah ada dalam paket yang Anda beli.
  • Isi guest comment card yang disediakan pihak penginapan, mengenai kesan dan kritikan terhadap pelayanan hotel, sehingga pihak hotel bisa mengevaluasi atau meningkatkan layanan dan fasilitas mereka.
  • Sebelum melakukan check-out di resepsionis, alangkah baiknya Anda mendahulukan untuk sarapan di restoran milik hotel dengan menggunakan voucher makan yang diberikan ketika check-in jika kamar Anda termasuk ke dalam paket yang Anda beli.
  • Serahkan kunci kamar ke staf resepsionis. Pasalnya, beberapa hotel menerapkan aturan denda jika kunci kamar tidak diserahkan oleh tamu.
  • Staf resepsionis biasanya akan meminta staf housekeeping untuk melakukan pengecekan kamar. Anda sebaiknya menunggu sejenak sampai ada informasi dari staf housekeeping untuk memastikan tidak ada barang milik Anda yang tertinggal di kamar hotel.
  • Staf resepsionis akan membuat bukti pembayaran untuk para tamu. Jika uang yang digunakan untuk deposit kurang, maka staf resepsionis akan menagih kekurangan biaya tersebut. Begitu juga apabila ada sisa uang dari jumlah deposit, resepsionis akan memberikan sisa uang tersebut kepada tamu.
Baca juga:  Orang British vs Orang Jepang, Mana yang Lebih Sopan?

Jika Anda puas dengan layanan hotel yang Anda tempati dan memiliki rencana perjalanan di kota yang sama, tidak ada salahnya melakukan reservasi jauh-jauh hari sebelum meninggalkan hotel. Anda biasanya akan mendapatkan tarif atau harga kamar yang jauh lebih murah jika melakukan pemesanan jauh-jauh hari.