Bandar Udara Banjarmasin

Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor terletak di Jalan Angkasa Landasan Ulin, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, . ini berjarak 25 km dari pusat Banjarmasin, terbesar di Kalimantan, dan terletak 10 kilometer selatan-barat dari Banjarbaru.

Mulanya Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor bernama Lapangan Terbang Ulin yang beroperasi sejak tahun 1936. Lalu pada tahun 1975 namanya berubah menjadi Bandar Udara Syamsudin Noor yang juga dikenal dengan nama Bandar Udara Banjarmasin.bandar-udara-banjarmasin

Bandar Udara Syamsudin Noor pada awalnya hanya melayani penerbangan domestik. Lalu sejak tahun 2003 Bandar Udara Syamsudin Noor mulai melayani rute penerbangan internasional diawali dengan pemberangkatan embarkasi jamaah Haji Banjarmasin. Sejak saat itu pihak Angkasa Pura mengubah nama bandara ini menjadi Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor.

Baca juga:  Biaya Kuliah Kelas Karyawan Universitas Pancasila

Bandara ini memiliki luas 257 hektare, yang dibagi menjadi terminal pemberangkatan dan kedatangan domestik, terminal pemberangkatan dan kedatangan internasional, landasan , lahan parkir, ruang tunggu, dan beberapa fasilitas lain untuk para calon penumpang.

Setiap harinya, Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor melayani berbagai rute penerbangan domestik seperti Banjarmasin – , Banjarmasin – Surabaya, Banjarmasin – Makassar, dan lain sebagaianya. Untuk penerbangan internasional, Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor juga telah melayani berbagai rute penerbangan yang cukup ramai seperti: Banjarmasin – Kuala Lumpur, dan Banjarmasin – Bandar Sri Begawan.