Contoh Ucapan ‘Selamat Lebaran’ dalam Bahasa Inggris

Selamat Lebaran - www.ilmumahabbah.com
Selamat Lebaran - www.ilmumahabbah.com

Idul Fitri, atau lebih dengan sebutan Lebaran, merupakan hari raya umat Islam yang menandakan bahwa setiap umat Muslim kembali ke fitrah. Biasanya, dalam momen ini, sesama umat Islam bakal saling mengucapkan ‘Selamat Lebaran’ kepada saudara, kerabat, dan teman, baik dalam , Arab, maupun Inggris, secara langsung atau melalui kartu ucapan dan layanan pesan digital.

Selamat Lebaran - www.ilmumahabbah.com
Selamat Lebaran – www.ilmumahabbah.com

Dikutip dari Antara, meski ini merupakan hari raya umat Islam, namun ‘Lebaran’ ternyata berasal dari tradisi Hindu yang berarti usai, selesai, atau habis, yang menandakan selesainya masa puasa. Istilah tersebut dikatakan, mungkin diperkenalkan oleh para wali agar umat Hindu yang baru masuk Islam pada saat itu tidak merasa asing dengan agama yang baru mereka anut.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Lebaran diartikan sebagai hari raya umat Islam yang jatuh setiap tanggal 1 Syawal setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di bulan Ramadan. Sementara, menurut orang Jawa, kata ini memiliki ‘wis bar’ atau sudah selesai. Namun, orang Jawa jarang menggunakan istilah ini, karena mereka lebih sering menggunakan istilah ‘sugeng riyadin’ sebagai ungkapan selamat Idul Fitri.

Baca juga:  Arti Dilema dan Cara Mengatasinya

Kata ‘Lebaran’ justru lebih sering diucapkan oleh orang Betawi dengan pemaknaan yang berbeda. Menurut mereka, kata ‘Lebaran’ berasal dari kata ‘lebar’ yang dapat diartikan luas atau merupakan gambaran keluasan/kelegaan hati setelah melaksanakan ibadah puasa, serta kegembiraan menyambut hari kemenangan.

Terlepas dari perbedaan di atas, yang terpenting, Lebaran adalah hari untuk berbahagia dan bersuka ria, mengenakan pakaian yang bersih (tidak jarang pakaian baru), menikmati segala rupa makanan dan minuman yang lezat, serta berkumpul bersama sanak di kampung halaman. Sementara, untuk mereka yang tidak bisa bertatap muka saat Lebaran, mengirimkan ucapan Lebaran, baik melalui kartu ucapan, pesan singkat, atau chatting adalah hal yang umum dilakukan.

Baca juga:  Manfaat Hutan Secara Ekonomi

Biasanya, ucapan ‘Selamat Lebaran’ dilakukan menggunakan bahasa Indonesia, dan tidak jarang dalam bahasa lokal atau daerah. Namun, bagi beberapa kalangan lain, ada juga yang mengucapkan ‘Selamat Lebaran’ dalam bahasa Inggris. Nah, berikut kami sajikan beberapa ucapan ‘Selamat Lebaran’ dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan di momen menggembirakan ini.

  • Happy Eid Mubarak. Let us forget our mistake in the past with all the forgiveness and may God gives us abundantly of happiness and prosperity ahead (Selamat hari raya Idul Fitri.
  • Idul Fitri is not the final part of something to our story to be better in this world. So, let this time guide us to see a right way to be a better person. Happy Idul Fitri.
  • Happy Eid Mubarak. May the blessing of Allah keep your mind and soul peaceful and joyful.
  • Happy Eid Mubarak. May every EID fill your heart with tons of blissfulness and joyous.
  • Happy Idul Fitri. Wishing you an Eid that brings you a lot of cheerful, happiness and affluence.
  • Happy Eid Mubarak. May Allah bring you joy, happiness, peace and prosperity on this blessed occasion
Baca juga:  Arti dan Makna Imsak dalam Puasa

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*