Definisi dan Contoh Penggunaan Kata “Sporadis”

www.rri.co.id

Di dalam berita, baik media cetak maupun daring (media dalam jaringan), kita sering menemukan penggunaan “sporadis”. ini kerap digunakan dalam berita olahraga atau juga suatu peristiwa. Namun, tahukah Anda apa arti atau makna sesungguhnya dari “sporadis”?

www.rri.co.id
www.rri.co.id

 

Menurut Kamus Besar Bahasa , “sporadis” didefinisikan sebagai keadaan penyebaran tumbuhan atau penyakit di suatu daerah yang tidak merata dan hanya dijumpai disana-sini. Kata “sporadis” merujuk pada spora, yang hanya tumbuh pada tempat tertentu dan tidak bisa tumbuh di tempat lain. Dengan pengertian ini, kata “sporadis” memang lebih cocok digunakan dalam Biologi atau kesehatan.

Contoh kalimat yang menggambarkan pengertian tersebut adalah “Kurap merupakan penyakit sporadis di Desa Sukamakmur”. Pengertian penyakit sporadis pada kalimat tersebut mengindikasikan bahwa penyakit itu hanya diderita oleh orang-orang tertentu saja, atau tidak dialami oleh semua warga Desa Sukamakmur.

Namun dalam perkembangannya, seperti dijelaskan sebelumnya, kata “sporadis” malah kerap digunakan untuk bidang lain, misalnya olahraga atau militer. Dalam dua bidang itu, kita sering mendengar kalimat “serangan sporadis” atau “gerakan sporadis”. Dalam kasus ini, kata “sporadis” lebih cenderung digunakan untuk menggambarkan suatu sikap atau tindakan yang jarang dilakukan.

Contoh kalimatnya adalah “Meski terbilang dilakukan sporadis, namun serangan tentara Rusia ke wilayah pertahanan musuh tampak membuahkan hasil”. Penggunaan kata “sporadis” dalam kalimat tersebut merujuk pada serangan militer Rusia secara tiba-tiba, terburu-buru, tidak terencana secara matang, dan dilakukan sesekali.

Contoh lain penggunaan kata “sporadis” yang menunjukkan sebuah sikap atau tindakan adalah “Jangan bersikap sporadis di dalam menanggapi berbagai macam kejahatan yang banyak terjadi di angkutan umum. Kau bisa minta tolong dan berteriak kencang saat mengalaminya”. Kata “sporadis” dalam kalimat tersebut merujuk pada tindakan yang gegabah atau spontan ketika mendapatkan suatu ancaman di dalam kondisi tertentu.

Penggunaan kata “sporadis” yang menggambarkan suatu sikap atau tindakan spontan, terburu-buru atau tanpa perencanaan juga bisa dilihat dalam kalimat “Upaya pencarian empat siswi SMA Negeri 1 Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku yang tenggelam kini tidak lagi dilakukan secara sporadis oleh maupun aparat TNI dan Polri”. Nah, demikian dan contoh penggunaan kata “sporadis”. Semoga bermanfaat.

Baca juga:  Tingkat Aktivitas Remaja Amerika Sebanding dengan Usia 60 Tahun