Definisi dan Penggunaan Kata “Elegi”

fmubina.tumblr.com

Jika Anda pernah membaca suatu syair atau puisi atau lirik lagu, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “elegi”. Kata ini biasanya dimasukkan dalam suatu puisi atau lirik lagu yang bernuansa sedih atau sendu. Namun tahukah Anda, apa sebenarnya dari “elegi”?

fmubina.tumblr.com
fmubina.tumblr.com

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “elegi” bisa diartikan sebagai syair atau nyanyian yang mengandung ratapan dan ungkapan dukacita. Penggunaan kata ini biasanya digunakan untuk syair atau nyanyian yang merujuk pada peristiwa kematian.

Namun tak cuma kematian, penggunaan kata “elegi” dalam syair atau lirik lagu juga bisa ditujukan untuk menggambarkan perasaan kehilangan. Hal ini bisa dilihat dari salah satu lagu Indonesia, Ebiet G. Ade, yang berjudul “Elegi Esok Pagi”.

Karena mendefinisikan suatu ratapan kesedihan, elegi juga menjadi salah satu genre puisi modern, yaitu puisi elegi. Puisi ini bisa diartikan sebagai puisi baru yang berisi tentang ratap tangis atau kesedihan. yang digambarkan di dalam puisi elegi biasanya berupa pengalaman-pengalaman pahit atas hal yang pernah dialami, atau bisa juga berupa penyesalan atau sesuatu yang pernah dilakukan di masa lalu.

Namun sebenarnya, puisi elegi sudah ada sejak zaman kesusastraan Yunani dan Romawi. Saat itu, semua puisi yang bertemakan cinta, perang, dan juga kematian dimasukkan dalam puisi elegi. Lalu, sejak abad ke-16, istilah puisi elegi dikenakan untuk puisi ratapan atas kematian seseorang.

Contoh puisi elegi bisa ditemukan dalam potongan sajak milik Chairil Anwar yang berjudul “Senja di Pelabuhan Kecil” berikut.

Ini kali tidak ada yang mencari cinta

di antara gudang, rumah tua, pada cerita

tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut

menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut

….

Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan

menyisir semenanjung, masih pengap harap

sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan

dari keempat, sedu penghabisan bisa terdekap

Demikian definisi, makna, dan penggunaan kata “elegi” yang bisa kita temui sehari-hari. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca juga:  Keunggulan Militer Indonesia yang Membuat Negara Lain Ngeri