Fakta-fakta Mengejutkan Tentang Korea Selatan

Makanan di Korea Selatan - fr.wikipedia.org
Makanan di Korea Selatan - fr.wikipedia.org

Demam Korea memang melanda sebagian besar -negara di Asean, termasuk Indonesia. Selain sejak dulu dikenal sebagai produsen gadget-gadget canggih, Korea Selatan telah menjadi sangat populer di Indonesia karena industri hiburan mereka yang berkembang pesat, seperti K-Pop dan K-Drama.

Korea Selatan adalah negara cantik yang kaya akan . Negeri Ginseng ini menawarkan beragam pesona dari tempat wisata, kuliner, hingga drama Korea sehingga tak jarang asing menggemari segala macam ciri khasnya. Nah, dibalik kecantikan dan kekayaan budayanya tersebut, Korea Selatan juga memiliki beberapa fakta mengejutkan yang cukup berbeda dengan negara-negara lainnya. Apa saja? Berikut ulasannya.

Kecantikan di Korea Selatan
Budaya Korea cukup terobsesi dengan penampilan. Memang, budaya Amerika terobsesi dengan penampilan juga. Akan tetapi obsesi tersebut jauh lebih besar di Korea Selatan. Di Korea, foto diperlukan untuk sebagian besar aplikasi pekerjaan. Ini adalah sesuatu yang ilegal di beberapa negara, dan menjadi ilegal di Korea, tetapi masih populer.
Warga Korea telah terbiasa untuk pergi ke studio glamor untuk mendapatkan gambar yang sempurna untuk melampirkan ke resume saat melamar pekerjaan.

Kecantikan di Korea Selatan - beauty.grivy.com
Kecantikan di Korea Selatan – beauty.grivy.com

Sikap atau Attitude
Di Amerika Serikat, operasi plastik dianggap memalukan dan dianggap sebagai suatu hal yang palsu. Tetapi di Korea, melakukan operasi plastik dipandang sebagai ‘memperbaiki diri’, Pikirkanlah seperti ini: Di ​​AS, ‘kecerdasan alami’ begitu dijunjung tinggi. Sama halnya dengan kecantikan di Korea. Tampak alami memang bagus, tapi melakukan operasi plastik bukan menjadi masalah besar jika Anda bekerja keras (dibayar dengan uang) untuk itu.

Baca juga:  Pengertian dan Contoh Subsidi

“Jika Anda berusaha lebih keras, Anda dapat meningkatkan kualitas diri,” kata The Attitude of Most Countries Selain USA. Jika Anda memiliki kekurangan apapun bentuknya, Anda tetap bisa melakukan sesuatu jika Anda berusaha cukup keras.

Inilah sebabnya mengapa orang Korea dapat bersikap kritis terhadap penampilan orang lain. Karena Anda secara teoritis dapat melakukan sesuatu tentang itu, itu dilihat sebagai ‘kesalahan Anda’, dan bukan bagian dari sebuah kritikan. Sebagian besar bintang K-pop memiliki operasi plastik. Meskipun mereka tidak perlu menyiarkannya, namun mereka pasti tidak menyembunyikannya. Bahkan saking banyaknya melakukan operasi plastik, keluarga pun tidak mengenalinya.

Salah satu standar kecantikan Korea adalah ‘lipatan mata’. Operasi mata plastik adalah hadiah kelulusan umum di Korea. Kebanyakan orang Amerika bahkan tidak akan secara langsung melihat apakah seseorang memiliki lipatan mata atau tidak. Ini adalah salah satu operasi paling umum untuk pria dan wanita; jika Anda melakukan operasi plastik pada mata Anda, maka Anda hanya dianggap seorang amatir.

Menurut survei sosiologis, satu dari lima wanita di Korea Selatan telah menjalani operasi plastik. Ya, operasi plastik sudah dianggap biasa di Korea Selatan. Terkadang orangtua sering membiayai anaknya sebagai hadiah kelulusan. Operasi yang paling populer adalah memutihkan kulit, menghilangkan tanda lahir dan mengubah bentuk mata. Tak hanya wanita, pria juga kerap kali melakukan operasi ini.

Baca juga:  10 Hal yang Anda Dapatkan di Jepang dan Mustahil Anda Peroleh di Amerika

Semua orang menggunakan kosmetik
Wanita Korea Selatan selalu merawat kulit dan rambut mereka dengan sangat baik. Daripada harus pergi ke salon tiap hari, mereka lebih memilih menggunakan sejumlah kosmetik. Mereka juga hampir tidak pernah keluar rumah tanpa makeup. Mereka memang benar-benar menjaga penampilan mereka. Oleh karena itu kosmetik Korea sangatlah populer di seluruh dunia.

Tergila-gila dengan makanan
Jika Anda pergi ke Korea Selatan, maka Anda akan dengan mudah menemukan tempat makan, seperti restoran, kafe, ataupun bar di sepanjang jalan. Saat bertemu dengan orang Korea Selatan, mereka akan menanyakan apakah Anda sudah makan daripada hanya sekadar menanyakan kabar Anda. Salah satu hidangan yang paling penting bagi mereka kimchi, yakni makanan tradisional yang terdiri dari sayuran yang telah dibumbui dan difermentasi.

Makanan di Korea Selatan - fr.wikipedia.org
Makanan di Korea Selatan – fr.wikipedia.org

Orang Korea Selatan sangat suka minum
Selain kegemarannya makan dalam porsi yang cukup besar, minum alkohol bagi orang Korea sudah menjadi sebuah ikatan. Setiap orang Korea Selatan pasti tahu banyak mengenai minuman dan bagaimana cara meminumnya. Mereka bisa mabuk dengan cepat tanpa harus menimbulkan kekacauan. Minuman yang sangat terkenal di sana adalah soju. Soju merupakan vodka berbasis gandum atau kentang tradisional yang disajikan dalam botol hijau.

Warga Korsel sangat memperhatikan gesture
Untuk mengungkapkan rasa hormat, cukup dengan berjabat tangan bukan? Namun hal ini dinilai kurang oleh orang Korea Selatan. Beberapa tahun yang lalu, Bill Gates sempat menuai kontra saat mengunjungi negara ini. Ketika bertemu dengan sang presiden, Bill Gates berjabat tangan dengan menyimpan satu tangannya di saku. Di Korea Selatan, hal ini dinilai sebagai rasa ketidakpedulian terhadap lawan bicaranya.

Baca juga:  Penderitaan & Bentuk Perlawanan Masyarakat Gaza Terhadap Serangan Tentara Israel

Negara dengan tingkat stres tertinggi
Tahukah Anda jika Korsel adalah negara dengan angka stres tertinggi di dunia? Tiap harinya, angka stress di sana bisa mencapai 80% dari total penduduknya. Permasalahan ekonomi dan pendidikan lah yang jadi pemicu stress paling besar. Tingginya biaya hidup dan ketatnya pendidikan di sana membuat mereka stres bahkan hingga bunuh diri.

Bayi lahir langsung berusia satu tahun
Fakta mengejutkan Korea Selatan selanjutnya adalah soal perhitungan umur yang beda dari negara-negara pada umumnya. Di sana, bayi yang baru lahir bukan berusia 0 tahun, tapi langsung berusia satu tahun. Jadi, kalau Anda ke sana dan ditanyai umur, maka jangan lupa untuk menambahkan usia Anda satu tahun.

Daging anjing sebagai makanan
Restoran dan pasar di Korea menawarkan daging anjing sebagai makanan. Daging anjing disajikan di Korea Selatan selama berabad-abad. Di antara menu yang populer adalah ‘Bosintang’, yakni sup tradisional yang menggunakan daging anjing. Nureongi adalah anjing yang dibesarkan untuk mendapatkan dagingnya, tapi induk anjingnya biasanya tidak dimakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*