Fasilitas Layanan yang Digunakan untuk Menelpon Murah Melalui Internet Adalah?

Menelpon Melalui Internet - www.upstation.id
Menelpon Melalui Internet - www.upstation.id

Selain telepon kabel (wireline) atau yang juga disebut dengan nama PSTN (Public Switch Telephone Network), fasilitas menelpon ternyata juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Fasilitas yang digunakan untuk menelpon melalui internet adalah VOIP (Voice over Internet Protocol). ini memiliki banyak sebutan lainnya, antara lain IP Telephony, Internet telephony, atau Digital Phone.

Menelpon Melalui Internet - www.upstation.id
Menelpon Melalui Internet – www.upstation.id

VoIP adalah yang memungkinkan Anda untuk melakukan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Nantinya data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan -paket data, dan bukan melalui sirkuit analog telepon biasa.

Penggunaan layanan VoIP pun cukup sederhana, Anda hanya diharuskan memenuhi beberapa syarat seperti 2 buah komputer yang terhubung dengan koneksi internet, mempunyai kartu suara (soundcard) yang dihubungkan dengan speaker dan mikrofon. Dengan didukung perangkat lunak khusus, maka dua pemakai komputer bisa saling terhubung melalui koneksi VoIP.

Baca juga:  Arti dan Sejarah Munculnya Istilah “Jayus”

Layanan komunikasi melalui VoIP bisa berbentuk pertukaran file, suara, dan gambar. Namun yang menjadi kebutuhan utama dalam VoIP adalah komunikasi via suara. Dibandingkan dengan jaringan telepon kabel, tentunya menelepon via VoIP lebih hemat. Apalagi jika dua orang yang saling berkomunikasi terpisah oleh jarak yang jauh, misalnya berbeda bahkan berbeda . Kedua pihak yang berkomunikasi lewat VoIP biasanya akan dikenai biaya pulsa internet standar saja, buka tarif telepon SLJJ atau SLI seperti pada telepon kabel.

Saat ini ada banyak aplikasi yang telah mengadaptasi teknologi VoIP. Salah satu yang paling terkenal dan mungkin sudah sering Anda dengar adalah Skype. Skype awalnya dikembangkan untuk melayani percakapan tanpa terbatas negara melalui PC atau laptop. Namun kini aplikasi Skype juga sudah tersedia versi mobile, sehingga pengguna smartphone berbasis Android OS atau iOS pun bisa menggunakan Skype dengan mengandalkan paket data atau jaringan internet WiFi yang terhubung dengan ponsel mereka.

Baca juga:  Arti Ababil: ABG Labil atau Burung Pelempar Batu?

Selain Skype, sudah banyak bermunculan pula aplikasi-aplikasi lain yang mendukung VoIP, misalnya saja Zoiper, Google Hangout, hingga aplikasi messenger seperti WhatsApp, LINE, Viber Messenger, dan sebagainya pun juga mengadaptasi teknologi VoIP. Menariknya, teknologi VoIP telah dikembangkan menjadi call, sehingga selain terhubung dengan suara, Anda dan lawan bicara Anda bisa berbagi secara real time dengan memanfaatkan kamera depan pada smartphone Anda.

Bahkan kini provider lokal seperti Smartfren pun memiliki layanan Voice Over WiFi atau Vo-WiFi yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan mengandalkan jaringan Wireless Local Area Network (WLAN). Fitur ini disematkan oleh Smartfren untuk smartphone seri terbaru seperti Andromax B dan Andromax L. Tarif yang dikenakan untuk layani Vo-WiFi ini adalah tarif voice call lokal, sehingga diklaim dapat menghemat biaya menelepon ketika berada di luar negeri.

Baca juga:  Bandara Chek Lap Kok, Bandara Internasional Utama di Hong Kong