Kelemahan Xiaomi Redmi 2, Smartphone Entry Level yang katanya ‘Gahar’

www.bosandroid.com

Sukses merajai pasar smartphone entry-level di melalui gempuran Xiaomi Redmi 1S, Xiaomi kembali menghadirkan generasi penerus yang diberi nama Xiaomi Redmi 2. Smartphone yang rilis pada tahun lalu ini sengaja disiapkan Xiaomi untuk menjegal rivalnya, Lenovo A6000 yang juga mendulang kesuksesan penjualan di tanah air.

www.bosandroid.com
www.bosandroid.com

 

Secara , Redmi 2 sangat mirip dengan pendahulunya Redmi 1S. Tampil gahar dengan sedikit perubahan minor, harganya pun dibanderol tak jauh dari Xiaomi 1S, yakni sekitar 1,5 jutaan saja.

Meski begitu, ibarat kata tak ada gading yang tak retak. Xiaomi Redmi 2 juga memiliki sejumlah kelemahan jika ditelisik secara lebih dalam. Apa saja kekurangan dari Xiaomi Redmi 2? Berikut ulasannya :

Tampilan

  • Anda tentu tak bisa berharap banyak dari sebuah perangkat smartphone entry level selain bodi yang terbuat dari material plastik. Material ini tentu dipilih oleh Xiaomi untuk menekan jual Redmi 2.
  • Layar Xiaomi Redmi 2 belum dilengkapi dengan pelindung layar, seperti Gorilla Glass. Untuk itu, Anda diharuskan membeli sendiri screenguard secara terpisah jika tidak ingin layar smartphone Anda tergores.

Jaringan

Dari kedua slot SIM card yang disediakan oleh Redmi 2, hanya satu yang support 4G. Sedangkan slot SIM card lainnya hanya support jaringan 2G (GPRS dan EDGE).

Operasi dan Dapur Pacu

  • Untuk smartphone yang terbilang cukup baru, Redmi 2 agak ketinggalan jaman karena masih menggunakan sistem operasi berbasis Android KitKat 4.4. Padahal, smartphone lain yang dirilis hampir bersamaan sudah mengadopsi sistem operasi Android 5.0 Lollipop.
  • Xiaomi Redmi 2 hadir dengan 2 versi memori, yakni ROM 8GB dengan RAM 1GB, dan ROM 16GB dengan RAM 2GB. Sayangnya, tidak disediakan versi RAM 2GB untuk ROM 8GB. Selain dapat memberikan performa yang lebih baik, variasi harga yang disuguhkan pasti akan lebih beragam.

dan kelengkapan

  • Meski beresolusi 2 MP, kamera sekunder yang disuguhkan oleh Redmi 2 masih kalah bagus dengan kamera depan milik Xiaomi Redmi 1S. Selain itu kamera depan Redmi 2 tidak dilengkapi dengan lampu flash untuk memberikan tampillah yang lebih terang.
  • Tidak menyediakan Near Field Communication (NFC). Ketersediaan fitur ini memang kurang diperhatikan oleh kebanyakan pengguna smartphone. Namun, fitur NFC akan banyak berguna di masa mendatang, terutama terkait dengan sistem pembayaran.
  • Spesifikasi Redmi 2 yang gahar tampaknya kurang berimbang dari segi baterai karena hanya mengandalkan baterai Li-Po berkapasitas 2200 mAh.
Baca juga:  Toshiba C 640