Keunggulan Ekonomi Indonesia di Tahun 2030, Lewati Jerman dan Inggris!

ekonomian indonesia - vibiznews.com

Saat ini, bisa dibilang sebagai yang masih berkembang, terutama dalam bidang ekonomi. Namun pada tahun 2030 mendatang, perekonomian diprediksi akan terus meroket, bahkan disebut-sebut bakal mengungguli beberapa negara maju seperti dan Inggris.

ekonomian indonesia - vibiznews.com
ekonomian indonesia – vibiznews.com

 

Menurut perusahaan konsultan manajemen global, McKinsey & Co, Indonesia akan menawarkan investor peluang investasi yang menguntungkan seiring dengan pertumbuhan ekonomi di masa mendatang. Peluang yang ditawarkan khususnya pada sektor bisnis untuk memenuhi permintaan domestik karena tumbuhnya jumlah kelas konsumen di Indonesia.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada tanggal 18 September 2012 lalu, McKinsey & Co mengungkapkan bahwa Indonesia akan menawarkan peluang bisnis bagi sektor swasta senilai 1,8 miliar dolar AS pada tahun 2030 mendatang. Beberapa sektor yang membuka peluang investasi mencakup sektor pertanian, perikanan, dan sumber daya alam.

Masih menurut McKinsey & Co, Indonesia menjadi negara paling bersinar di tengah krisis global dalam beberapa tahun terakhir. Indonesia unggul terutama dengan realisasi pertumbuhan ekonomi sekitar 6,5% pada tahun 2011 lalu, sekaligus menjadi yang tertinggi sejak krisis ekonomi melanda kawasan Asia pada akhir tahun 1990.

Beberapa faktor yang membuat Indonesia mampu bertahan dari dampak penurunan ekonomi global, salah satunya karena meningkatnya konsumsi domestik. Dengan kemampuan ini, Indonesia diyakini bisa menjadi negara dengan perekonomian terkuat nomor tujuh di dunia pada tahun 2030 mendatang. Pada tahun 2012 lalu, Indonesia menempati posisi ke-16.

Pertumbuhan jumlah masyarakat kelas menengah Indonesia memang naik signifikan beberapa tahun terakhir. Masyarakat kelas ini didefinisikan sebagai kelompok dengan pendapatan bersih sebesar 3.600 dolar AS per tahun dalam paritas daya beli. Pada tahun 2030 mendatang, jumlah masyarakat kelas ini diperkirakan naik menjadi 90 juta orang. Namun, hal itu bisa terwujud jika Indonesia mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi sebesar 5 hingga 6 persen per tahun.

Sebelumnya, Indonesia memang telah membuktikan kemampuannya untuk meningkatkan jumlah investasi asing dalam beberapa tahun terakhir. Tahun 2011 lalu, investasi asing langsung mencatat rekor 20 miliar dolar AS. Meski begitu, dari sisi regulasi, Indonesia masih harus bekerja lebih keras dan bisa mencontoh model yang diterapkan di China, Korea Selatan, atau India.

Baca juga:  Model Playboy Dikutuk Suku Maori Saat Telanjang di Pegunungan Taranaki