Lenovo: Asal, Produk, dan Keunggulan

Lenovo, siapa yang tidak kenal dengan merek ini. Perusahaan yang dulunya tersohor dengan produk-produk seperti PC, laptop, dan notebook tersebut, sekarang juga bermain di segmen smartphone. Namun tahukah Anda, berasal dari mana merek ini?lenovo.

Sering disangka sebagai pabrikan Amerika Serikat, Lenovo ternyata merupakan perusahaan yang didirikan di Cina. Didirikan pada tahun 1984 silam oleh Liu Chuanzi, Levono kini merupakan salah satu vendor besar yang memimpin pasar secara global. Bahkan pada tahun 2004 silam, perusahaan ini merupakan produsen PC terbesar kedelapan di .

Untuk mengembangkan industrinya di belahan bumi bagian barat, pada 1 Mei 2005 Lenovo melakukan sebuah manuver dan resmi mengakuisisi Divisi PC milik IBM, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat. Pengambilalihan ini juga ditujukan agar Lenovo bisa menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia. Akuisisi pun berdampak baik dengan peningkatan penjualan PC, terutama untuk produk Lenovo Thinkpad, sebuah laptop tangguh besutan Lenovo dan IBM.

Meski merupakan perusahaan besar di bidang PC, namun Lenovo masih dianggap “anak bawang” untuk pasar smartphone. Namun, Lenovo tidak kekurangan akal. Perusahaan ini pun membeli Motorola Mobility pada tahun 2014. Ini merupakan langkah besar bagi Lenovo untuk semakin memantapkan diri dalam menghadapi persaingan perangkat mobile.

Nama Lenovo sebagai produsen smartphone berbasis Android kemudian mulai mencuat ketika mereka bekerja sama dengan Intel. Menggunakan Intel Atom untuk prosesor Lenovo K900, perusahaan ini juga menggandeng megabintang NBA, Kobe Bryant, sebagai bintang iklannya.

Sejak saat itu, Lenovo semakin dikenal luas dan rutin menciptakan smartphone Android di kelas menengah ke bawah seperti S580 dan LIVO. Bahkan, vendor ini sukses menggulung Samsung, perusahaan asal Korea Selatan, sebagai penguasa pasar smartphone di Cina.

Ada beberapa keunggulan produk Lenovo, baik PC, laptop, maupun smartphone, yaitu:

  • Berharga relatif murah, tetapi tidak murahan.
  • Desain produknya sangat elegan dan sangat cocok untuk pasar anak muda.
  • Fitur paling canggih dalam produk Lenovo adalah fitur layar sentuh, terutama pada produk PC.
  • Semua produk Lenovo digadang-gadang memiliki tingkat akurasi yang baik. Pengaturan sensitivitasnya bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna.
  • Terdapat “one key” pada PC maupun laptop, yang berfungsi sebagai recovery dan juga sebuah antivirus.
  • Mengusung dolby surround, yaitu suara stereo yang bisa di-upmix menjadi suara surround dan lebih jernih dari speaker biasa.
Baca juga:  Info Kisaran Tarif Layanan Kesehatan di Rumah Sakit (RSUP) Fatmawati Jakarta