Pengertian Browsing dan Macam-Macam Browser

mozilla firefox - portableapps.com

Di era modern seperti sekarang, sepertinya sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua aktivitas yang kita lakukan berhubungan dengan , entah itu urusan pekerjaan, akademik, dan lain sebagainya. Dengan pula, kita bisa memperoleh segala informasi yang sedang kita butuhkan.

mozilla firefox - portableapps.com
mozilla firefox – portableapps.com

 

Namun, meski internet sudah menjadi bagian penting aktivitas sehari-hari, ternyata banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang berbagai macam dalam dunia maya, seperti browsing dan browser. Browsing sendiri bisa diartikan sebagai menjelajahi dunia maya atau internet yang bertujuan untuk mencari sebuah informasi yang bermanfaat.

Browsing juga sering disebut dengan surfing. Namun, istilah surfing belum begitu familiar di kalangan masyarakat. Istilah ini juga biasa disebut dengan searching karena kata searching yang berarti “mencari”, menggambarkan aktivitas pencarian informasi dari internet.

Browsing sendiri memiliki banyak manfaat, di antaranya menambah dan pengetahuan, menambah wawasan, serta meningkatkan budaya membaca. Selain itu, browsing juga bisa digunakan sebagai alat untuk belajar online serta memperoleh file atau dokumen yang dibutuhkan.

Untuk mendukung aktivitas browsing, kita tentunya memerlukan web browser. Dalam bahasa , istilah ini bisa diartikan sebagai perambah laman. Web browser adalah program aplikasi perangkat lunak atau software untuk mencari, melintasi, menerjemahkan, mengambil, serta menyajikan informasi yang bersumber dan tersimpan dalam database WWW (world wide web).

Fungsi utama dari browser adalah untuk terhubung dengan world wide web. Fungsi lainnya, yaitu sebagai alat (tools) untuk mengakses informasi atau data yang tersimpan dalam web server melalui jasa penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP), serta mampu mengakses berbagai file yang tersimpan di dalam sebuah file system.

Secara teknis, browser atau web browser bekerja menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk membuat permintaan dari web server di seluruh internet atas nama pengguna browser tersebut. HTTP ini merupakan jenis prefiks dari Uniform Resource Identifier (URI) yang paling sering digunakan. Saat mengakses, pengguna harus menyertakan HTTP sebelum menuliskan alamat file URL (Uniform Resource Locator).

Ada banyak web browser yang saat ini beredar di internet. Beberapa yang paling sering digunakan adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Browser, Internet Explorer, hingga Safari. Setiap web browser tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Baca juga:  Arti dan Fungsi Diksi